Pesan rahasia oleh petinggi Al Qaeda mendorong penutupan Kedutaan AS?

17

(Arrahmah.com) – Amerika Serikat memerintahkan penutupan kedutaan besar di Timur Tengah dan Afrika Utara setelah amir Al Qaeda, Syeikh Ayman az-Zawahiri hafidzahullah memerintahkan wakilnya di Yaman untuk melakukan serangan, lapor Associated Press pada Selasa (6/8/2013) mengutip sumber intelijen AS.

Para pejabat dan diplomat Timur Tengah mengatakan kepada AP bahwa pesan Syeikh Ayman tercium beberapa minggu lalu dan tampaknya awalnya menargetkan kepentingan AS di Yaman.

Pejabat intelijen AS mengklaim bahwa pesan itu dikirim ke Nasir al-Wuhayshi, amir Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP).

Departemen Luar Negeri AS telah mengumumkan penutupan 22 Kedubesnya di wilayah Afrika Utara dan Timur Tengah setidaknya sampai akhir pekan ini.  Seorang juru bicara mengatakan keputusan tersebut untuk menjaga kedutaan besar dan konsulat dan bukan “merupakan indikasi ancaman baru”.

Inggris, Perancis dan Jerman mengikuti langkah AS dengan mengambil tindakan yang sama, menutup kedutaan mereka sementara waktu di Yaman.

Sebuah pernyataan oleh Gedung Putih pada Sabtu (3/8) mengatakan : “Awal pekan ini presiden menginstruksikan tim keamanan nasional untuk mengambil semua langkah yang tepat untuk melindungi rakyat Amerika dari potensi ancaman yang terjadi di atau berasal dari JAzirah Arab,” dan bahwa “Pemerintah AS mengambil langkah-langkah yang tepat”.

Tidak seperti Inggris, fasilitas diplomatik AS akan tetap ditutup di Mesir, libya, Yaman, Arab Saudi dan Kuwait serta negara-negara lain sampai hari Sabtu (10/8).  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.