Berita Dunia Islam Terdepan

Uskup baru Vatikan terlibat skandal gay

7

ITALIA (Arrahmah.com) – Pria yang ditunjuk oleh Paus Francis untuk membereskan skandal pencucian uang Bank Vatikan disinyalir memiliki hubungan gay dengan seorang tentara Swiss, lansir DM pada Sabtu (20/7/2013).

Monsignor Battista Ricca baru saja diangkat sebagai uskup baru Paus Francis dengan tanggung jawab atas Bank Vatikan [yang secara resmi dikenal sebagai Institute for the Works of Religion (IOR)] yang dihantam skandal pencucian uang.

Namun menurut sebuah berita mingguan yang dipublikasikan oleh majalah Italia L’Espresso Monsignor Ricca yang mengambil pos diplomatik Vatikan di Uruguay pada tahun 1999 menggoncang gereja saat mengajak kekasih gay-nya kapten tentara Swiss, Patrick Haari.

Publikasi itu menyatakan bahwa tuduhan tersebut telah dikonfirmasi oleh sejumlah uskup, imam dan orang awam di Uruguay.

Ricca akhirnya pindah ke Trinidad dan Tobago dan kemudian kembali ke Roma pada tahun 2002.

Kabar itu berkembang sebulan setelah Paus Francis mengakui keberadaan seorang lobi gay di dalam administrasi rahasia Vatikan untuk pertama kalinya.

Berbicara dalam pertemuan dengan penganut Katolik Amerika Latin bulan lalu, Paus Argentina itu mengatakan bahwa ada korupsi saat ini di Kuria Romawi –  badan pemerintah pusat Gereja Katolik.

Dia juga mengakui adanya lobi gay lama di Kuria, dan mengisyaratkan bahwa dia mungkin mengambil tindakan atas masalah ini.

Vatikan tidak asing dengan skandal gay.

Pada tahun 2010, dilaporkan bahwa para pelayan upacara Paus Benekditus dan seorang anggota paduan suara Vatikan juga terlibat dalam jaringan prostitusi gay. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...