Pejabat tinggi AS akan mengunjungi Kairo, kuatkan laporan AS dibalik penggulingan Mursi?

2

KAIRO (Arrahmah.com) –  Seorang pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) pada Ahad (14/7/2013) menuju Kairo, Mesir, untuk mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin sementara Mesir sejak presiden Muhammad Mursi digulingkan.

Sebagaimana dilansir Ma’an, William Burns, wakil menteri luar negeri AS, akan mengunjungi Mesir dari hari Ahad hingga Selasa besok, menurut departemen luar negeri AS, dengan dalih sebagai bentuk “penegasan dukungan AS bagi rakyat Mesir.”

Burns adalah pejabat AS pertama yang berkunjung ke Mesir pasca Mursi digulingkan. Kunjungan ini bisa jadi menguatkan laporan bahwa AS berada dibalik penggulingan Mursi yang terpilih sebagai presiden secara demokratis.

Dalam laporan Al-Jazeera pada Rabu (10/7), peninjauan pada puluhan dokumen pemerintah federal AS menunjukkan Washington diam-diam mendanai tokoh oposisi senior Mesir yang menyerukan penggulingan Muhammad Mursi.

Dokumen yang diperoleh dari Pelaporan Investigasi UC Berkeley menunjukkan dana disalurkan melalui program Departemen Luar Negeri. Program tersebut mendukung penuh aktivis dan politisi yang membuat kerusuhan di Mesir setelah penggulingan Husni Mubarak pada Februari 2011. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.