Berita Dunia Islam Terdepan

Rusia, China dan Perancis tetapkan Selasa awal Ramadhan 1434 H

3

MOSKOW (Arrahmah.com) – Rusia, China dan Perancis secara resmi menetapkan hari Selasa (9/7/2013) sebagai awal bulan suci Ramadhan 1434 H, laporan situs berita Yaman At-Tagheer pada Senin malam. Keputusan itu diambil berdasar perhitungan ilmu falak para ulama negara-negara tersebut.

Mufti Islam Rusia telah menetapkan 1 Ramadhan 1434 H jatuh pada hari Selasa.

Tak kurang dari 25 juta warga muslim China akan memulai puasa Ramadhan 1434 H pada hari Selasa. Para imigran Arab dan warga “asing” muslim dari berbagai lainnya di negara berpenduduk terbesar di bumi itu akan ikut memulai puasa Ramadhan pada hari yang sama.

Di China, warga muslim setiap tahunnya melakukan puasa Ramadhan selama 30 hari penuh, tanpa mempertimbangkan rukyah hilal Idul Fitri. Tradisi tua yang berlaku di China mengharuskan setiap muslim berpuasa selamanya 30 hari penuh meskipun hilal Syawal terlihat pada tanggal 29 Ramadhan.

Dewan Agama Islam Perancis telah menetapkan hari Selasa sebagai awal Ramadhan 1434 H, berdasar perhitungan ilmu falak. Ini adalah pertama kalinya Dewan Agama Islam Perancis menyandarkan penetapan awal Ramadhan pada ilmu falak. Pada tahun-tahun sebelumnya Dewan Agama Islam Perancis bersandar kepada rukyatul hilal.

Dewan Agama Islam Perancis telah mengumumkan sejak dua bulan lalu akan bersandar kepada ilmu falak dalam menetapkan awal Ramadhan “agar kaum muslimin bisa bersiap-siap dan mengatur urusan mereka”. Dewan juga telah menetapkan hari raya Idul Fitri 1434 H jatuh pada tanggal 8 Agustus mendatang, berdasar perhitungan ilmu falak.  

Menutut situs At-Tagheer sampai saat ini belum diketahui jika ada sebuah negara Arab yang menetapkan hari Selasa sebagai awal Ramadhan 1434 H.

Negara-negara Semenanjung Arab yang meliputi Yaman, Kesultanan Oman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Bahrain, Qatar dan Arab Saudi telah menetapkan hari Rabu (10/7/2013) sebagai awal bula suci Ramadhan 1434 H. Keputusan itu diambil setelah hilal awal Ramadhan 1434 H tidak terlihat di negara-negara tersebut.

Beberapa negara Arab lainnya di kawasan Teluk Persia dan Asia Barat Daya seperti Irak, Lebanon, Yordania, Suriah dan Palestina juga menetapkan hari Rabu sebagai tanggal 1 Ramadhan 1434 H. (muhibalmajdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...