Awal Ramadhan di Qatar, Arab Saudi, dan Mesir jatuh pada hari Rabu

foto ilustrasi
41

RIYADH (Arrahmah.com) – Qatar, Arab Saudi dan Mesir mengumumkan bahwa hari Rabu (10/7/2013) sebagai tanggal 1 Ramadhan 1434 H, laporan TV Al-Jazeera.

Komisi Pengawas Hilal pada Departemen Wakaf dan Urusan Keislaman Qatar telah mengumumkan bahwa hari Selasa (9/7/2013) adalah hari ke-30 bulan Sya’ban 1434 H. Dengan demikian awal bulan suci Ramadhan 1434 H jatuh pada hari Rabu.

Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi menyatakan pihaknya belum menerima satu pun kesaksian tentang terlihatnya hilal Ramadhan pada Senin petang.

Kantor Kerajaan Arab Saudi secara resmi mengumumkan hari Selasa sebagai penggenap bulan Sya’ban 1434 H dan hari Rabu sebagai hari pertama bulan suci Ramadhan 1434 H.

Hilal bulan suci Ramadhan 1434 H tidak terlihat di propinsi Hautah Sudair dan propinsi Hariq, dua kawasan paling terkenal untuk mengawasi hilal di Arab Saudi.

Darul Ifta’ al-Mishriyah (Dewan Fatwa Mesir) juga mengumumkan hari Selasa sebagai penggenap bulan Sya’ban 1434 H dan hari Rabu sebagai awal bulan suci Ramadhan 1434 H.

Mufti Mesir Syaikh Syauqi Allam menyatakan bahwa Komisi Syariat dan Ilmiah Dewan Fatwa Mesir telah melakukan pengawasan hilal Ramadhan setelah terbenamnya matahari pada hari Senin. Namun hilal awal Ramadhan tahun ini belum terlihat. Hal itu bersesuaian dengan perhitungan ilmu falak para ulama Mesir. Maka hari Selasa ditetapkan sebagai penggenap bulan Sya’ban dan hari Rabu sebagai awal bulan suci Ramadhan tahun ini. (muhibalmajdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.