Gusar akibat ulah "Israel" ratusan nelayan Gaza memprotes blokade di Jalur Gaza

9

(Arrahmah.com) – Ratusan nelayan Palestina di Kota Gaza melakukan protes blokade “Israel” terhatap Jalur Gaza pad Senin (1/7/2013).

Para nelayan itu gusar akibat penganiyaan yang mereka terima selama blokade diberlakukan. Abu Zakariya Bakir, seorang pejabat di Komite Kerja Pertanian mengatakan kepada Ma’an bahwa “Israel” telah menyiksa, menembaki dan membunuh nelayan-nelayan Palestina sejak blokade terhadap Jalur Gaza diberlakukan sejak tujuh tahun lalu.

“Israel melakukan segala jenis penghinaan psikologis terhadap para nelayan, sering melucuti pakaian mereka ketika menangkap mereka, bahkan di waktu cuaca sangat dingin,” kata Bakir.

Rami Abu Amira, salah seorang nelayan Gaza, mengatakan kepada Ma’an bahwa ia bergabung dalam aksi protes tersebut untuk menuntut “Israel” mengakhiri blokade laut di Gaza dan memperluas zona menangkap ikan.

“Aparat Israel menembaki kami setiap harinya, menahan para nelayan dan merampas perahu-perahu mereka. Kami ingin hidup terhormat dan merdeka dan kami meminta masyarakat internasional untuk berdiri di sisi kami,” katanya.

Bakir menambahkan bahwa ada peningkatan dramatis dalam jumlah penangkapan dan penyerangan terhadap para nelayan Palestina sejak November tahun lalu.

Lebih dari 50 nelayan telah ditangkap dan sebelas perahu nelayan dihancurkan pada tahun lalu, ujar Bakir. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.