Adzan akan berkumandang di TV Inggris selama Ramadhan

9

(Arrahmah.com) – Menarik perhatian kaum Muslimin, sebuah saluran televisi (TV) Inggris Raya Channel 4 akan menyiarkan kumandang adzan setiap harinya selama bulan Ramadhan.

Dengan mengudarakan suara kumandang adzan secara nasional, Channel 4 menjadi saluran TV mainstream Inggris pertama yang menyiarkan panggilan shalat itu setiap hari.

Onislam melaporkan bahwa Ralph Lee, kepala pemograman faktual, menulis di Radio Times dan dikutip The Independent pada Selasa (2/7/2013), mengatakan bahwa menyiarkan kumandang adzan di Channel 4 bisa menjadi “provokasi” yang disengaja bagi para pemirsa Inggris.

“Melihat adzan di Channel 4 akan bertindak sebagai sistem pengeras suara nasional, sebuah provokasi yang disengaja bagi seluruh pemirsa dalam arti sangat nyata daripada kata-kata,” katanya.

Keputusan saluran TV tersebut untuk menayangkan kumandang adzan menyusul usulan dari eksekutif senior bahwa bulan suci Ramadhan bisa menarik perhatian pemirsa lebih besar.

Lee menambahkan bahwa video tentang kehidupan Muslim Inggris selama bulan Ramadhan akan menjadi hit bagi para pemirsa muda. Meskipun demikian program ini akan menimbulkan kritik dari pihak-pihak tertentu.

“Tidak diragukan lagi Channel 4 akan dikritik karena memfokuskan perhatian pada agama ‘minoritas’ tetapi itu yang kami lakukan di sini – menyediakan ruang untuk alternatif dan suara bagi mereka yang kurang terwakili,” katanya.

Tetapi, meski terbilang ‘minoritas,’ Islam adalah agama yang sangat berkembang pesat di Inggris, oleh sebab itu menjadi peluang besar bagi TV tersebut untuk menyiarkan program Muslim.

“Dan jangan lupakan bahwa Islam adalah salah satu dari beberapa agama yang sedang berkembang, sebenarnya sedang meningkat di Inggris Raya. Sebagaimana target pemirsa Channel 4, para pengikutnya adalah orang-orang muda. Baru-baru ini telah dilaporkan bahwa setengah Muslim Inggris berusia di bawah 25 tahun,” lanjut Lee. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.