ACT menggugah empati umat di bulan Ramadhan

foto ilustrasi
18

JAKARTA (Arrahmah.com) – Ramadhan, momentum menunjukkan kekuatan filantropi Islam yang padu, bisa menghasilkan perubahan penting. Kebersamaan dan aura humanisme global Ramadhan terlalu sayang dilalui dengan rutinitas. Kemauan kuat ini, mendorong ACT menetapkan tema karya kemanusiaan selama  Ramadhan ini: Ramadhan for Humanity.

Pada acara Gathering dan Silaturahim Media di kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT)  Jakarta pada Selasa (2/7/2013) diungkapkan program menu Ramadahan for Humanity – ACT, 1434 H.

1. Ramadhan di ujung negeri. Program ini adalah berisi pemberian makanan buka dan sahur untuk 482 panti asuhan di 6 kota besar . Sasarannya yakni petugas penjaga perbatasan, penduduk di wilayah perbatasan, dan relawan di pulau terluar Indonesia dari Sabang , sepanjang Kalimantan sampai  dengan NTT dan Papua.

2. Paket Iedul Fitri. Pemberian paket lebaran untuk petugas penjagaan dan para relawan yang selama ini bertugas dan mengabdi di pulau terluar Indonesia mulai dari sabang, sepanjang kalimantan  sampai dengan NTT dan papua

3. Sedekah busana muslimah. Pemberian paket busana muslimah untuk kaum dhuafa di wilayah Papua, NTT, dan daerah-daerah terpencil lainnya.

4. Ramadhan Institute. Kauny Qauntum Memory (KQM), Menghafal Al-Qur’an semudah tersenyum. Halal Campaign, sebuah edukasi tentang makanan sehat, alami, dan halal selama bulan Ramadhan bersama DR. Anton Apriantono. Thibbun Nabawi, kajian dan training pola hidup sehat dan pengobatan yang dijalani oleh Rasulullah dan para sahabat bersama Dr. Zaidul Akbar (asosiasi bekam  indonesia).

5. Dapur umum Ramadhan. Mobile Dapur Umum, yakni penyediaan makanan buka dan sahur bagi petugas kebersihan, pekerja bangunan, Yatim Piatu dan anak jalanan di wilayah Jabodetabek yang berpuasa Ramadhan. Training dan Demo Masak, membuat menu buka dan sahur Ramadhan bersama chef ternama.

6. Pasar murah, Solusi Peduli. Paket sembako, penjualan paket sembako dengan subsidi, sebagai antisipasi kenaikan harga karena kenaikan harga BBM, dan momentum Ramadhan serta lebaran, khusus untuk masyarakat korban bencana, kantong kumuh miskin, pelosok Indonesia, Jabodetabek, kota-kota di pulau jawa dan Sumatra.

7. Mushalla kita, Sebuah persaudaraan sejati. Renovasi mushalla kumuh, reyot, bocor, berlantai tanah, atau tak punya karpet, tiada tempat wudhu, tanpa MCK, panas, dan pengap. Jangan biarkan saudara kita bersujud di musholla yang mengenaskan. Lokasi programnya di pelosok dan kawasan miskin di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta,Sumatra, Alor(NTT), sebanyak 100 mushalla.

8. Global Humanity (Dunia Islam). Roadshow  Solidarity For  Global Humanity Palestine, aksi solidaritas untuk pembangunan infrastruktur pendidikan anak-anak yatim dan dhuafa di Gaza Palestina. Bersama Syekh Taha Youssef  Ismail Sulaiman (Imam Besar Masjid Jabalia, Gaza). Wakaf Shelter Rohingya, aksi solidaritas untuk membantu muslim Rohingya yang masih tinggal di kamp pengungsian. Sejak Ramadhan 2012, ACT sudah membangun 300 shelter untuk muslim Rohingya melalui program ‘wakaf 1000 shelter’. Kini, kurang 700 shelter lagi. Program Dunia Islam lainnya; Bantuan Medis dan Pangan untuk Suriah, Bantuan Pangan, Medis, dan Pemberdayaan ekonomi untuk Muslim Somalia.  (azmuttaqin/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.