Berita Dunia Islam Terdepan

Pemain Muslim Newcastle United menolak perbankan riba menjadi sponsor klubnya

3

NEWCASTLE (Arrahmah.com) – Selama berbulan-bulan, seorang striker Muslim Newcastle telah mengutarakan keberatannya kepada administrasi klub atas dasar agama dan etika untuk mengenakan baju yang mengusung logo sponsor baru klub dari perusahaan pinjaman yang menerapkan suku bunga setinggi langit, lansir On Islam pada Sabtu (8/6/2013).

“Bintang striker [Papiss] Cisse, seorang Muslim, menentang untuk membantu mempromosikan Wonga, sponsor yang telah mengundang kritik karena menerapkan suku bunga setinggi langit yang diduga menargetkan kaum miskin,” kata Daily Mirror dalam laporan eksklusifnya.

“Bintang Senegal itu telah menyampaikan keberatannya kepada pihak Newcastle, atas dasar agama dan etika, untuk mengiklankan perusahaan tersebut selama bermain untuk Newcastle,” tambah surat kabar itu.

Kritik tersebut bermula pada Oktober lalu ketika Newcastle United menandatangani kontrak empat tahun senilai £ 24.000.000 kesepakatan sponsorship dengan Wonga, sebuah perusahaan pinjaman jangka pendek.

Sebelumnya, Newcastle United memiliki empat pemain Muslim, Demba Ba, Papiss Cisse, Cheick Tiote dan Hatem Ben Arfa.

Kesepakatan sponsorship itu begitu mengusik para pemain Muslim Newcastle yang akhirnya menyatakan keberatan untuk memakai kaos dengan logo perusahaan pinjaman tersebut. Pasalnya, perusahaan itu menetapkan bunga tinggi sebesar 4,214% dalam pembayaran pinjamannya setiap hari, sebagaimana riba yang dilarang dalam Islam. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...