Berita Dunia Islam Terdepan

Eropa Tengah dilanda banjir, 4 tewas 8 lainnya hilang

3

EROPA (Arrahmah.com) – Empat orang telah kehilangan nyawa mereka dan sedikitnya delapan lainnya dilaporkan hilang karena hujan deras yang menyebabkan banjir dan tanah longsor yang melanda Eropa Tengah.

Sementara itu, pemerintah setempat mengatakan pada Ahad (2/6/2013) bahwa satu orang tewas dan dua lainnya dilaporkan hilang di Austria menyusul longsor yang juga dipicu oleh hujan deras.

Di Republik Ceko, seorang pria dan seorang wanita kehilangan nyawa mereka di Trebenice, selatan ibukota, Praha. Sedikitnya empat orang lainnya dinyatakan hilang.

Seorang polisi mengatakan bahwa tubuh seorang pria ditemukan di perairan dalam kondisi sudah membengkak di Sungai Upa, di kota Ceko Trutnov, timur laut ibukota.

Laporan juga menunjukkan bahwa dua orang hilang di Jerman setelah hujan mengguyur selama 48 jam. Sungai Danube dilaporkan meluap.

Austria, Jerman, dan Republik Ceko mengirim unit tentara mereka untuk membantu upaya penyelamatan setelah ketinggian air mencapai rekor di beberapa wilayah.

Pemerintah di Praha mengumumkan keadaan darurat dan merilis 300 juta korunas ($ 15 juta) dana bencana. Bantalan penghalang juga dijejerkan di sepanjang tepi sungai Vltava di Praha dalam upaya untuk menghentikan banjir.

“Kami akan melakukan segalanya untuk melindungi kehidupan dan kesehatan orang-orang,” kata Perdana Menteri Ceko, Petr Necas.

Penasehat Jerman, Angela Merkel, juga berjanji bahwa pemerintah akan menolong daerah yang terkena bencana.

river rhine
Luapan sungai membanjiri bangunan dekat Rheinfelden, Jerman selatan, pada 2 Juni 2013.

Siaga banjir telah diberlakukan untuk provinsi-provinsi Barat Austria Vorarlberg, Tyrol, dan Salzburg, serta utara Upper Austria.

Tanah longsor menghalangi link rel di banyak bagian Salzburg dan Tyrol, Austria.

Sementara itu, ratusan petugas pemadam kebakaran dan pekerja darurat, bersama dengan tentara Austria, telah dikerahkan untuk membantu membersihkan jalan, membantu evakuasi dan memasang penghambat banjir. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...