Berita Dunia Islam Terdepan

Turki bangun tembok sepanjang 2,5 km di perbatasan Suriah

2

TURKI (Arrahmah.com) – Turki akan membangun tembok sepanjang 2,5 km di perbatasan Suriah dengan alasan keamanan di perbatasan menyusul tiga pemboman mematikan tahun ini, lansir KC pada Jumat (24/5/2013).

Tembok beton tersebut akan dibangun dari sisi Turki di Cilvegozu sampai gerbang perbatasan Suriah dan di atasnya akan dilengkapi kawat berduri, Departemen Bea Cukai Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Peralatan krining kendaraan dan mesin x-ray serta pagar kawat dan pencahayaan ekstra dan kamera keamanan juga akan dipasang, kata kementerian.

Cilvegozu merupakan wilayah pemboman pada bulan Februari yang menewaskan 14 orang dan bulan ini 51 orang tewas ketika bom mobil kembar merobek kota terdekat Reyhanli.

Sejak Juli, kendaraan Turki juga tidak diizinkan untuk menyeberang di gerbang Cilvegozu. Kendaraan-kendaraan itu hanya diizinkan masuk sampai ke wilayah penyangga antara gerbang Turki dan Suriah.

Gerbang Bab al-Hawa di sisi Suriah merupakan wilayah yang berhasil dibebaskan oleh mujahidin yang berjuang untuk menggulingkan Presiden diktator Suriah Bashar al-Assad tahun lalu. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...