Berita Dunia Islam Terdepan

Militer rezim Syiah Irak hancurkan enam masjid di desa Sulaiman Bek, ribuan penduduk mengungsi

1

SHALAHUDDIN (Arrahmah.com) – Pasukan rezim Syiah Irak pimpinan PM Nouri Al-Maliki menghancurkan enam masjid jami’ dan puluhan rumah penduduk muslim sunni di desa Sulaiman Bek, distrik Thuz Khurmato, propinsi Shalahuddin pada Rabu (24/4/2013), Iraq News Arabia melaporkan.

Saksi mata dari desa Sulaiman Bek mengatakan, “Tentara Irak mengerahkan seluruh kekuatannya untuk menggempur desa Sulaiman Bek, akibat bentrokan sengit dengan penduduk desa.”

Ia menambahkan, “Serangan gencar itu menghancurkan enam masjid jami’ dan puluhan rumah. Hal itu memaksa ratusan keluarga mengungsi dari desa Sulaiman Bek, desa Amirli dan desa Halyawat, akibat sengitnya bentrokan.”

Kantor berita Irak, Iraq News, melaporkan pasukan rezim Nouri Al-Maliki menyerbu desa Sulaiman Bek dengan dukungan Beberapa helikopter tempur. Helikopter militer itu membombardir desa Sulaiman Bek dengan tembakan roket dan senapan mesin berat. Sedikitnya 43 warga muslim di desa tersebut gugur, menurut perhitungan awal. Puluhan rumah dan bangunan hancur total. Jumlah korban masih mungkin akan terus bertambah, mengingat gencarnya bombardir dari helikopter militer.

Sumber-sumber lokal menegaskan bahwa ribuan penduduk dari desa Sulaiman Bek, desa Amirli dan desa Halyawat mulai meninggalkan kampong halamannya. Mereka mengungsi ke tempat yang lebih aman di wilayah Kirkuk dan Tikrit.

Sampai saat ini bentrokan antara pasukan rezim Syiah Irak dengan penduduk muslim di desa tersebut masih terus berlangsung. Bentrokan dipicu oleh serangan keji militer rezim Syiah Irak terhadap para demonstran muslim sunni di I’tisham Square, kota Huwaijah dalam propinsi Kirkuk pad Selasa (23/4/2013). Serangan itu menjadi ladang pembantaian yang menewaskan sedikitnya 40 warga muslim sunni dan mencederai sekitar 200 warga lainnya. (muhib almajdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...