Berita Dunia Islam Terdepan

Roket tentara Suriah kembali membunuh sedikitnya 12 warga sipil

2

SURIAH (Arrahmah.com) – Roket tentara boneka Suriah menyerang sebuah desa pada Rabu (17/4/2013) dan menewaskan sedikitnya 12 warga sipil termasuk para wanita dan anak-anak, di dekat Qusayr pusat, seperti dilansir mmedia.me

Pesawat-pesawat tempur tentara boneka juga menyerang Karam Huweimed dan Tariq al-Bab di kota utara Aleppo, serta kota yang dikuasai mujahidin di dekatnya, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia. 

“Jumlah orang yang tewas dalam serangan roket oleh tentara di Bweida timur telah meningkat menjadi 12, di antaranya seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan, dua perempuan, dan delapan laki-laki,” kata Observatorium, mengacu pada desa di provinsi tengah Homs. 

Bentrokan lain menggugurkan tiga mujahidin dekat kota Abel, kata kelompok yang berbasis di Inggris tersebut, menambahkan bahwa “pasukan rezim menggunakan pesawat tempur dan serangan roket”. 

Pertempuran juga berkecamuk di wilayah bergolak lainnya di Homs. 

“Rezim mengandalkan pejuang mereka yang setia kepada “Hizbullah” [gerakan Syiah Libanon] dan Tentara Nasional [paramiliter pro-rezim], untuk menentang mujahidin di pedesaan Homs,” kata Rami Abdel Rahman dari Observatorium. 

“Militer sedang mencoba untuk mengisolasi mujahidin di Qusayr dan mengalahkan perlawanan di pedesaan,” katanya kepada AFP.

Daerah ini merupakan kunci karena terletak di jalan yang menghubungkan Damaskus ke pantai. Daerah ini telah memperlihatkan kekerasan yang acapkali terjadi sejak pecahnya perlawanan, dan penembakan terjadi intensif di sini dalam beberapa hari terakhir. 

Koran Pro-rezim, Al-Watan, mengatakan tentara terus upaya untuk mematahkan pengepungan mujahidin di beberapa bandara di provinsi Aleppo. 

“Di Aleppo, tentara membuat kemajuan dalam rencana untuk membuka rute pasokan utama menuju barak di bandara internasional Nayrab dan Aleppo,” kata harian itu. 

Bandara Nayrab yang berdekatan dengan bandara internasional Aleppo telah ditutup sejak Januari. 

Sementara mujahidin terus mengepung mereka di bandara militer Kwayris, juga di provinsi Aleppo, kata Observatorium. 

“Pesawat tempur melancarkan serangan udara ke Karam Huweimed” di ibukota provinsi Aleppo, sementara bentrokan sengit antara mujahidin dan pasukan Assad berkecamuk di daerah itu, kata Observatorium. 

Angkatan udara rezim Syiah juga menembaki Tariq al-Bab di bagian timur kota Aleppo, sebuah kubu mujahidin yang sering ditargetkan oleh tentara boneka. Sementara sedikitnya satu orang tewas dalam serangan udara terhadap Azaz di provinsi Aleppo.

Kekerasan pada Rabu (17/4) datang sehari setelah sedikitnya 99 orang – termasuk 41 warga sipil – gugur di seluruh Suriah, kata Observatorium, yang bergantung pada jaringan aktivis, dokter dan pengacara untuk mendapatkan informasi. 

Lebih dari 70.000 orang telah tewas dalam konflik Suriah yang telah berlangsung selama dua tahun. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...