Berita Dunia Islam Terdepan

Mantan tentara Soviet yang hilang menolak pulang, betah di Afghanistan

6

KABUL (Arrahmah.com) – Menurut para pejabat organisasi Veteran Soviet, seorang mantan tentara Uni Soviet yang hilang 33 tahun lalu ditemukan masih hidup di Afghanistan dan menolak pulang ke negara asalnya, lebih memilih hidup secara tradisional di Afghanistan.

Berdasarkan laporan media Rusia RIA Novosoti, mantan tentara yang sekarang menjadi tabib tradisional ini, Bakhredtin Khakimov yang telah berubah nama menjadi Sheikh Abdullah, pernah mengabdi di intelijen angkatan darat, ia menderita luka serius pada 1980 dalam sebuah pertempuran antara tentara penjajah Soviet dengan Mujahidin lokal.

Kala itu, Khakimov muda diselamatkan oleh seorang tetua desa dan tabib tradisional, ia dirawat hingga sembuh dan diajari teknik pengobatan tradisional.

Soviet soldier found in Afghanistan

Sebuah Komite Urusan Prajurit Internasional melacak kediamannya saat ini di distrik Shindand.

Sheikh Abdullah dilaporkan telah berbicara dengan keluarganya melalui telepon di provinsi Herat  setelah 33 tahun putus kontak.

Juru bicara Komite Urusan Prajurit Internasional, yang juga seorang veteran, Alexander Lavrentyev dikutip oleh RIA Novosoti mengatakan bahwa Khakimov sedih saat mengetahui bahwa ibunya telah meninggal dunia dan meneteskan air mata saat melihat pesan video dari saudara laki-lakinya di Uzbekistan.

Sheikh Abdullah telah menghabiskan banyak waktu di Afghanistan, ia tidak ingin pulang.

“Saya telah menghabiskan sebagian besar hidup saya di sini, tidak ada yang perlu dibicarakan,” katanya, dikutip Lavrentyev. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...