Berita Dunia Islam Terdepan

Akhirnya umat Islam di Thessaloniki diizinkan sholat di masjid

5

THESSALONIKI (Arrahmah.com) – Setelah selama berabad-abad dilarang melaksanakan sholat di masjid, umat Islam Yunani akhirnya diizinkan untuk melaksanakan sholat berjamaah di sebuah masjid tua di kota Thessaloniki, kota terbesar kedua di Yunani.

Awal pekan ini, kaum Muslimin untuk pertama kalinya dalam waktu 90 tahun melaksanakan sholat zhuhur pertama di masjid di kota itu.

“Sebuah langkah positif telah diambil dalam arah yang tepat,” kata Kerim Uras, duta besar Turki untuk Yunani, kepada¬†Hurriyet Daily News, sebagaimana dilansir Onislam.

“Kami berharap selebihnya akan menyusul. Saya harap Athena juga akan menjadi tempat di mana umat Islam bisa sholat,” tambahnya.

Sholat berjamaah pertama di masjid tersebut dilakukan pada saat kunjungan sekelompok mahasiswa Muslim ke masjid tersebut atas upaya dari walikota Yiannis Buotaris.

“Saya sangat gembira akkan perkembangan bersejarah ini,” kata konjen Turki Tugrul Biltekin.

“Saya berharap masjid-masjid di Thessaloniki dan lokasi lainnya di wilayah ini akan dibuka untuk Muslim pada saat hari-hari raya,” katanya.

Masjid tersebut telah dibangun di Thessaloniki pada 1902. Tetapi masjid itu ditutup untuk sholat pada 1923 dan kemudian diubah menjadi ruang pameran.

Diperkirakan umat Islam terhitung 1,3 persen dari total populasi Yunani yang berjumlah 10,7 juta orang. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...