Berita Dunia Islam Terdepan

Daraa berada di bawah kendali Mujahidin Jabhah An-Nushrah

3

DARAA (Arrahmah.com) – Setelah menguasai kota Dael pada Jumat (29/3/2013) lalu, Mujahidin Jabhah An-Nushrah melanjutkan perjuangan menguasai seluruh daerah strategis Daraa, seperti dilansir KC.

Roket-roket ditembakkan oleh pasukan syiah nushairiyah di Dael setelah Mujahidin berhasil menguasai selatan kota.

Mujahidin sekarang mengontrol Dael, sebuah kota utama di jalan raya utama antara Damaskus dan selatan, kemajuan terbaru mereka di provinsi Daraa, yang berbatasan dengan Yordania.

Kontrol Dael diambil alih oleh Mujahidin setelah menghancurkan pos-pos pemeriksaan tentara musuh di tiga pintu masuk ke kota. Kota ini terletak di jalan utama yang menghubungkan Daraa ke Damaskus.

Dael yang merupakan rumah  bagi 35 ribu rakyat Suriah itu pada hari Jumat (29/3) telah menjadi kota selatan pertama di Daraa yang akan dibebaskan dari kontrol rezim Alawite Syiah.

Berikutnya, Mujahidin memfokuskan serangan ofensif terhadap pasukan brutal Assad, yang terkonsentrasi di pusat kota Daraa. Sedangkan para pengecut Alawit Syiah terlihat ingin memanfaatkan Muslim di Deraa sebagai tameng manusia.

Mujahidin sekarang maju ke semua kota dan desa di provinsi Daraa, yang terbagi dari timur ke barat setelah tentara Alawit Syiah melarikan diri dari banyak posisi. Mujahidin Jabhah An-Nusrah telah mengambil alih lokasi-lokasi itu.

Mujahidin juga memegang kendali atas ladang minyak di dekat perbatasan Irak, dan membebaskan daerah Al-Tal yang terletak di wilayah Al-Qaseer di pusat provinsi Homs. Mujahidin berhasil menewaskan delapan loyalis Assad.

Setelah mengambil alih Al-Tal, Mujahidin menyita dua kendaraan lapis baja rezim Alawit  Syiah dan sejumlah senjata dan amunisi.

Sementara itu, pengecut Alawit Syiah langsung menjatuhkan rudal di kota Haritan di utara provinsi Aleppo. Rudal itu menghancurkan 50 rumah Muslim, sementara sejumlah warga sipil, yang kebanyakan perempuan dan anak-anak, dilaporkan gugur dan terluka.

Mujahidin melanjutkan merebut daerah Al-Shaikh di Aleppo.

Di ibukota, pengecut Alawit Syiah kembali melakukan pemboman udara wilayah timur Al-Ghota, sementara perang berlangsung di Al-Thaiabiya dan pinggiran kota Bahdaliya.

Sedikitnya 26 Mujahidin dilaporkan telah syahid, InsyaAllah, dalam operasi ini. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...