Berita Dunia Islam Terdepan

Ormas Islam Myanmar mengirim surat kepada Presiden Thein Sein terkait serangan anti-Muslim

4

YANGON (Arrahmah.com) – Serangan besar-besaran terhadap masyarakat Muslim di beberapa kota di Myanmar (Burma) sejak lebih dari seminggu lalu masih berlangsung. Sekelompok ekstrimis Buddhis membakar dan menghancurkan masjid-masjid, rumah-rumah warga, sekolah Islam serta toko. Sejumlah orang, kebanyakan Muslim, meninggal dunia akibat penyerangan ini.

Hingga kini, pemerintah belum dapat menangani gerombolan penjahat itu. Aparat keamanan memang dikerahkan, tetapi seakan tak berdaya mencegah aksi mereka. Untuk itu, organisasi Muslim Myanmar mengirim surat darurat kepada Presiden Thein Sein terkait tragedi ini.

Republik Persatuan Myanmar

Seluruh Pemerintah Myanmar Mengakui Organisasi Agama Islam

No. 214, Jalan Bo Sun Pet, Kota Pabedan, Yangon.

Telepon- 388146, 253683, 252608, 241717, 241212, 296134

 

Surat No. MaABa/Admin/024/2013 ASa(4)

Tanggal- 26 Maret 2013

Kepada

Presiden

Republik Persatuan Myanmar

Perihal: Meminta untuk melindungi nyawa dan properti Muslim Myanmar karena situasi yang tidak aman

1. Pada saat ini, tidak adanya keamanan bagi nyawa dan properti Muslim Myanmar, masjid-masjid dan sekolah-sekolah Islam telah meningkat. Sekarang situasi menjadi mengkhawatirkan bagi umat Islam bahkan di Yangon.

2. Para teroris itu menyerang meliputi kejahatan besar seperti pembakaran dan pembunuhan dan sebagainya di mana para pelaku kejahatan bisa dihentikan dari pembunuhan berdasarkan hukum pertahanan.

Namun, kondisi pengabaian telah terjadi bahwa pihak berwenang yang bertanggung jawab belum mengambil tindakan efektif tepat waktu terhadap para penjahat yang berani melakukan kejahatan secara terbuka di depan mereka.

3. Hal ini dipelajari bahwa pembantaian seperti itu dan kerugian bangunan keagamaan serta properti diakibatkan oleh kelemahan dan kelalaian otoritas administratif untuk memberikan perlindungan dan mengambil tindakan secara efektif.Itulah sebabnya, Organisasi Islam ini sangat yakin bahwa kedamaian dan ketenteraman negara ini serta perlindungan untuk nyawa dan properti umat Islam dan bangunan-bangunan keagamaan akan diberikan oleh tindakan yang cepat dan efektif terhadap peristiwa-peristiwa tersebut di atas.

Terlebih lagi, organisasi ini dengan antusias meminta pelaksanaan pernyataan dari kelompok juru bicara Republik Persatuan Myanmar.

Al-Haj Maulana Yusof
Wakil Presiden Jammatul-Ulama Persatuan Myanmar

Al-Haj U Nyunt Maung Shein
Presiden Dewan Urusan Agama Islam Persatuan Myanmar

Al-Haj U Myint Tun
Presiden Organiasi (Keagamaan) Pemuda Muslim

Haji Kyaw Win
Organisasi Nasional Urusan Umat Islam Myanmar

(siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...