Berita Dunia Islam Terdepan

Mesir menangkap penyelam yang memotong kabel internet di bawah laut

9

KAIRO (Arrahmah.com) – Penjaga pantai Mesir menangkap tiga penyelam yang memotong kabel internet di bawah laut pada Rabu (27/3/2013), kata militer menduga mereka terlibat dalam masalah koneksi yang terputus dan gangguan online beberapa hari belakangan, seperti dilansir Ma’an.

Sebuah patroli menghentikan perahu nelayan dekat kota pelabuhan Mediterania Alexandria dan menangkap tiga penyelam, juru bicara militer mengatakan pada halaman resmi Facebook-nya.

Dia tidak memberikan rincian dari kemungkinan motif penyelam dalam memutus sambungan internet milik Egypt Telecom, penyedia sambungan internet di negara itu.

“Angkatan bersenjata menggagalkan upaya dan menangkap tiga penyelam saat mereka memotong kabel bawah laut,” katanya.

Belum jelas apakah insiden itu terkait dengan gangguan di Mesir yang dilaporkan oleh operator kabel SEACOM pekan lalu atau tidak. SEACOM mengatakan bahwa gangguan itu menyerang beberapa baris yang menghubungkan Eropa dengan Afrika, Timur Tengah dan Asia.

SEACOM tidak memberikan penjelasan atas pemotongan yang menyerang kabel dan sistem jaringan lainnya yang menyalurkan trafik telekomunikasi pada Jumat dini hari.

Para pengguna web telah melaporkan koneksi yang lambat di seluruh Mesir.

Infrastruktur telekomunikasi yang membentang di bawah laut Mediterania telah mengalami gangguan dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa operator dan para pengguna sebelumnya menduga ada kabel yang menyangkut di baling-baling kapal yang lewat.

Egypt Telecom mengatakan salah satu kabel yang telah dipotong panjangnya 750 meter dari pantai, menurut laporan terpisah pada kantor berita negara MENA pada Rabu (27/3).

Sebelumnya masalah ini juga pernah menimpa Mesir di tengah gangguan yang lebih luas dipicu oleh perlawanan yang menumbangkan Hosni Mubarak pada tahun 2011. (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...