Berita Dunia Islam Terdepan

Ekstrimis Buddhis menyerang umat Islam di wilayah Bago, Burma

1

BAGO (Arrahmah.com) – Sekelompok perusuh Buddhis menghancurkan sebuah Masjid, rumah-rumah warga Muslim dan toko-toko di kota Oaak Tha Kone, Bago Division atau wilayah Bago, Burma pada Ahad (24/3/2013) tengah malam, demikian sebuah media Burma M-Media melaporkan.

M-Media menambahkan bahwa para penjahat itu telah melempari masjid tersebut pada malam sebelumnya dengan batu, menyebabkan jendela-jendela masjid rusak. Mereka juga menyerang kedai teh, mini market, lima rumah Muslim dan sebuah toko roti milik Muslim.

Polisi tidak mampu menangani insiden ini, tetapi kemudian situasi menjadi tenang saat unit tentara datang di TKP.

Saat serangan itu terjadi di Oaak Tha Kone, kerusuhan serupa juga terjadi di desa Yay Kyaw, di mana para ekstrimis Buddhis menghancurkan sebuah sekolah Islam (madrasah).

Sementara itu menurut laporan Mayu Press, media yang juga fokus pada berita Muslim Burma, bahwa Muslim di kota Aok Pho di Tharyarwadi, Bago Division, juga mengalami penyerangan, berdasarkan informasi pada pukul 12:30 waktu lokal.

Sekitar 400 teroris Buddhis membakar masjid dan rumah-rumah. Polisi juga gagal mengendalikan para perusuh itu karena jumlah mereka yang banyak.

Para teroris itu juga telah membakar sebuah masjid dan sebuah madrasah serta menyerang umat Islam sekitar. Para warga Muslim berusaha untuk melawan para penjahat itu tetapi jumlah mereka lebih sedikit, sedang polisi tak berdaya melihat insiden ini.

Di daerah tersebut ada lebih dari 70 kepala keluarga dengan populasi Muslim diperkirakan 200 orang dengan sebuah masjid dan sebuah madrasah, lapora Mayu Press(siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...