Berita Dunia Islam Terdepan

AS telah mendirikan basis pesawat tak berawak di Nigeria

0

NIAMEY (Arrahmah.com) – Amerika Serikat telah mendirikan basis pesawat tak berawak di Niger, tampaknya untuk mendukung pasukan penjajah Perancis di Mali dan untuk memerangi Mujahidin Al Qaeda di Afrika.

The Washington Post mengatakan dalam sebuah laporan yang dikeluarkan pada Jum’at (22/3/2013) bahwa pangkalan itu telah didirikan di ibukota Nigeria, Niamey.

“Kami hanya tahu ada pesawat, kami tidak tahu dengan pasti apa yang mereka lakukan,” lapor The Washington Post mengutip pernyataan Djibril Abarchi, ketua Asosiasi Nigeria untuk Pertahanan Hak Asasi Manusia.

“Tidak ada yang terlihat, tidak ada transparansi di negara kami dengan pertanyaan militer.  Tidak ada yang dapat mengatakan kepada Anda apa yang terjadi,” ungkapnya.

Drone AS bersenjata terbang keluar dari basis yang dikelilingi oleh dinding berlapis kawat berduri dengan 100 personil Angkatan Udara AS, lapor Washington Post.

Pada tanggal 22 Februari, Presiden negara penjajah AS, Barack Obama mengumumkan bahwa 100 personil militer AS telah dikirimkan ke Niger untuk memberikan “dukungan pengumpulan data intelijen” dan mendukung pasukan Perancis yang melancarkan operasi militer di Mali.

Pada bulan Januari lalu, Nigeria menandatangani perjanjian dengan Amerika Serikat yang membuka jalan bagi AS untuk terlibat dalam bidang militer di negara itu.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...