Berita Dunia Islam Terdepan

Pasukan penjajah Denmark akan tinggalkan Afghanistan tahun ini

4

DENMARK (Arrahmah.com) – Pejabat pemerintahan Denmark mengumumkan pada Selasa (19/3/2013) bahwa tentara infanteri Denmark akan meninggalkan Afghanistan pada akhir musim panas tahun ini, bukan tahun 2014 seperti yang direncanakan, demikian Khaama Press melaporkan.

The Copenhagen Post melaporkan bahwa berita dari pejabat Denmark tersebut berarti bahwa Skuad 15, skuad Denmark terakhir yang masih bertahan di Afghanistan, tidak akan digantikan ketika mereka kembali ke Denmark pada Agustus mendatang.

Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt mengatakan, “Denmark adalah salah satu negara yang telah melaksanakan beban terberat di Afghanistan, dan tentara Denmark telah berada di garis depan sejak 2002.”

Rencana penarikan pasukan Denmark ini dipercepat oleh penutupan pangkalan-pangkalan militer Inggris lebih awal, di mana pasukan mereka berada, menurut The Copenhagen.

“Situasinya adalah pasukan Denmark dan Inggris memutuskan bahwa tidak harus ada skuad baru ketika tim saat ini pulang pada bulan Agustus. Setelah itu kami hanya akan mendukung dengan tank-tank kami,” kata Thorning-Schmidt.

Namun, Denmark berniat akan meninggalkan sekelompok kecil tentaranya di Afghanistan setelah penarikan pasukan tempurnya dengan dalih untuk melatih pasukan boneka Afghan. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...