Berita Dunia Islam Terdepan

Belanda menaikkan “waspada terorisme” ke tingkat “substansial”

4

AMSTERDAM (Arrahmah.com) – Belanda menaikkan tingkat siaga untuk serangan “teroris” ke level “substansial” pada Rabu (13/3/2013), mengkhawatiran peningkatan jumlah perjalanan pejuang Islam dari Belanda ke Suriah, serta “radikalisasi” pemuda Belanda.

“Kesempatan serangan di Belanda atau melawan kepentingan Belanda di luar negeri telah meningkat,” kata Koordinator Nasional untuk Keamanan dan “Terorisme” (NCTV) dalam sebuah pernyataan.

“Hampir seratus orang baru-baru ini meninggalkan Belanda dengan tujuan berbagai negara di Afrika dan Timur Tengah, terutama Suriah.”

Badan itu mengatakan orang-orang yang berjuang untuk Islam “radikal” di luar negeri bisa kembali dan “menginspirasi orang lain di Belanda untuk mengikuti jejak mereka”.

Perubahan politik di Timur Tengah dan Afrika Utara telah membuat ruang untuk perluasan kelompok mujahidin Islam yang tidak lagi di bawah kendali pasukan keamanan, kata lembaga itu.

Polisi dan intelijen Belanda telah mengerahkan personil ekstra untuk menyelidiki individu-individu yang menjadi “tersangka,” kata lembaga itu.  (banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...