Berita Dunia Islam Terdepan

Layanan medis gratis dari dokter Muslim di South Carolina membantu warga Amerika yang kurang mampu

1

SOUTH CAROLINA (Arrahmah.com) – Memberikan layanan medis gratis bagi orang-orang yang lemah dan tidak berasuransi di South Carolina, Amerika Serikat (AS), sejak tahun lalu, salah satu cara para dokter Muslim untuk mengimplementasikan salah satu ajaran dalam Islam yaitu membantu orang-orang miskin.

Dr. Reshma Khan, seorang dokter lokal, mendirikan klinik gratisnya di Mount Pleasant, South Carolina, pada Januari 2012.

“Ini adalah batu loncatan pertama masyarakat Islam dan sebuah pembahasan tetap di dalam ajaran Al-Quran,” kata Dr. Khan (42), seorang ahli ginekologi di Ralph H. Johnson VA Medical Center, kepada The Post and Courier pada Ahad (24/2/2013), seperti dilansir Onislam.

“Keimanan harus diemplementasikan ke dalam tindakan,” katanya.

Para dokter Muslim yang menjadi relawan di klinik gratis mendapat bantuan dari Islamic Circle of North America Relief USA, sebuah badan amal Islam terkemuka di AS, yang membayarkan sewa klinik dengan tiga ruangan itu yang terletak di sebuah gedung perkantoran di Lowcountry Boulevard.

Klinik gratis ini menawarkan berbagai macam layanan ginekologi kepada orang-orang Amerika yang kurang mampu, untuk semua orang dari keyakinan apapun.

Dr. Khan, menjalankan klinik ini bersama 20 relawan dan juga dibantu oleh perusahaan-perusahaan yang menyumbang alat-alat medis.

Suaminya, Dr. Ahsan Khan, seorang spesialis kedokteran nuklir, juga bekerja di klinik ini.

Klinik gratis yang dikelola Dr. Khan ini adalah salah satu dari beberapa klinik gratis yang ada di AS yang dikelola oleh para relawan Muslim.

Meskipun Islam sering dicitrakan buruk di negara yang terkenal “kebebasannya” itu, tetapi umat Islam selalu berupaya membantu orang-orang yang membutuhkan di sekitar mereka, terlepas dari keyakinan apapun, untuk menunjukkan bahwa stereotip negatif tentang Islam adalah tidak benar. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...