Berita Dunia Islam Terdepan

Mujahidin Suriah tembak jatuh dua jet tempur rezim di provinsi Idlib

3

IDLIB (Arrahmah.com) – Pejuang Suriah telah menembak jatuh dua pesawat tempur militer di provinsi Idlib ujar sebuah kelompok pemantau.

Kedua jet dihantam dengan senapan mesin berat saat keduanya melakukan serangkaian serangan di daerah yang berada di bawah kendali Mujahidin, ujar Observatorium Suriah untuk hak asasi manusia pada Kamis (14/2/2013) seperti dilaporkan Al Jazeera.

Mujahidin juga dilaporkan berhasil menduduki kota Shadadah, dekat ladang minyak Jbeysa di provinsi Hasaka.  Ladang minyak tersebut merupakan daerah kaya energi yang terletak di sepanjang perbatasan Suriah-Irak.

Rami Abdul Rahman, direktur Observatorium mengatakan pejuang Suriah menguasai 70 persen dari ladang minyak itu, tetapi masih terdapat tembakan sporadis oleh tentara rezim di sana.

Sementara itu, laporan lain mengatakan pada Kamis (14/2) bahwa pria bersenjata menembak mati kepala Garda Revolusi Iran saat tengah berada dalam perjalanan dari Damaskus menuju Lebanon.  Elit Iran menamainya sebagai komandan Hassan Shateri.  

Mujahidin Suriah memasuki hari ketiga dalam pertempuran untuk menguasai bandara utama di kota Aleppo.  Pada Rabu (13/2), Mujahidin berhasil merobohkan pertahanan militer di sana dan menutup bandara terbesar kedua di Aleppo.  Sejak minggu lalu, bandara menghentikan semua penerbangan karena pertempuran sengit.

Awal pekan ini, pejuang Suriah menguasai bendungan terbesar di negara itu dan sebuah pangkalan militer di utara Suriah.  Mereka juga membawa pertempuran lebih dekat ke jantung Damaskus.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...