Berita Dunia Islam Terdepan

Anas Urbaningrum minta kadernya teladani sifat Mulia Sahabat Rasulullah SAW

3

JAKARTA (Arrahmah.com) – Tidak diragukan lagi, betapa mulianya sifat, akhlak, dan pribadi para Khulafaur Rasyidin beserta para Sahabat Rasul SAW lainnya dan diakui segenap kaum Muslimin. Sehingga, membuat Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Anas Urbaningrum, meminta kepada kadernya untuk mencontoh sifat-sifat yang dimiliki sahabat rasul.

 “Banyak sahabat rasul yang baik, tetapi ada beberapa sahabat yang selayaknya kita teladani sifatnya,” ujar Anas, dalam acara peringatan maulid Nabi Muhammad di Masjid Al Amin, Komplek DPR RI, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (6/2/2013) seperti dikutip Okezone.

Dikatakannya, sahabat rasul yang perlu ditauladani yakni, Abu Bakar Assidiq, yang mempunyai sifat arif, sabar, bijaksana dan teduh. Karakter seperti Abua Bakar, kata dia, sangat penting dalam membangun sebuah kekuatan.

“Kedua, Umar bin Khatab, beliau itu berani, teguh perjuangan, teguh iman, kuat. Energi kekuatan dan keberanian itu juga penting,” ujarnya.

Selanjutnya, sambung dia, Usman bin Affan, seorang konglomerat yang memiliki kekuatan logistik yang juga diperlukan dalam perjuangan. “Perjuangan butuh logistik. Ikhlas menyalurkan kekuatan logistiknya untuk perjuangan. Banyak masuk dari usahanya tetapi juga keluar untuk perjuangan,” imbuhnya.

Kemudian Ali bin Abi Thalib, dimana seorang yang memiliki kekuatan pada kecerdasan dan intelektualitas. Anas menjelaskan, dengan kemampuan tersebut, maka dapat membaca keadaan dan memberikan solusi atas permasalahan yang ada dilapangan.

“Bagi kita, bangsa dan partai, tentu banyak nilai yang dapat kita petik untuk kita reaktulaisasi, kontekstualisasi dengan keadaan yang ada sekarang, yang itu kita yakini banyak faedahnya bagi kita,” pungkasnya. (bilal/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...