Berita Dunia Islam Terdepan

Amerika menyerahkan “bantuan” empat pesawat tempur F 16 kepada Mesir

3

KAIRO (Arrahmah.com) – Kedutaan Besar Amerika untuk Mesir di Kairo menyatakan bahwa pemerintah Amerika telah menyerahkan empat pesawat tempur jenis F 16 kepada pemerintah Mesir sebagai tahap pertama dari kesepakatan yang telah ditanda tangani oleh kedua negara. Penyerahan keempat pesawat F 16 digelar dalam sebuah acara perayaan yang digelar Ahad (3/2/2013) malam di Mesir, tulis koran nasional Mesir.

“Pemerintah Mesir dan Amerika Serikat mengadakan pesta perayaan bersama pada Ahad malam di kota Kairo untuk merayakan penyerah terimaan tahapan pertama pesawat-pesawat tempur baru F 16 kepada Angkatan Udara Mesir. Hal itu sebagai penegasan kedua negara untuk bersama-sama menjaga keamanan kawasan.” bunyi pernyataan resmi kedutaan besar AS di Kairo.

Lebih lanjut kedutaan besar AS di Kairo menyatakan bahwa pesta perayaan tersebut adalah bukti kepercayaan penuh AS bahwa Mesir yang kuat akan merealisasikan kepentingan-kepentingan bagi AS, kawasan Timur Tengah dan dunia internasional. AS mengharapkan Mesir akan tampil sebagai kekuataan utama bagi keamanan, perdamaian dan kepeloporan di saat kawasan Timur Tengah saat ini dalam gejolak perubahan menuju demokrasi.

“Kerjasama keamanan yang telah kami bina sejak 34 tahun lalu bersandar kepada kepentingan-kepentingan bersama dan sikap saling menghormati,” bunyi pernyataan kedutaan besar AS.

Lebih lanjut pernyataan itu menegaskan “sejak periode yang lama AS telah mengakui Mesir sebagai sekutu yang tidak terpisahkan”.

Kedutaan besar AS untuk Mesir menjelaskan bahwa penyerahan empat pesawat tepur F 16 itu merupakan bagian dari program pembiayaan militer luar negeri yang bernilai 1,3 miliar dolar, dalam kerangka bantuan militer dan intelijen tahunan AS untuk Mesir. Hal itu guna meningkatkan kemampuan pertahanan militer Mesir dan memperkuat peranan militer Mesir bagi keamanan kawasan dan perlawanan terhadap ancaman terorisme.

Media Amerika, Fox News, menyebutkan bahwa kesepakatan kedua negara mencakup penyerahan lebih dari 20 pesawat tempur F 16 AS kepada Mesir. Berdasar laporan dari sumber-sumber militer AS, sampai saat ini AS telah menyerahkan sejumlah 224 pesawat tempur F 16 kepada Mesir.

Fox News melaporkan bahwa sejumlah senator AS mempertanyakan kebijakan Obama yang meloloskan kesepakatan bantuan pesawat tempur F 16 untuk Mesir. Namun keseriusan militer Mesir dalam memerangi mujahidin Islam di wilayah Suez, keikut sertaan tentara Mesir dalam operasi salibis ISAF di Pangkalan Militer Baghram Afghanistan, dan komitmen Morsi untuk menghormati perjanjian damai dengan Israel cukup menjadi garansi bagi AS untuk melanjutkan kesepakatan bantuan senilai 1,3 miliar dolar tersebut.  

Tetap diberlakukannya konstitusi sekuler dan tidak diterapkannya syariat Islam sebagaii konstitusi negara adalah alasan pokok lainnya bantuan militer tersebut. Sungguh benar bahwa tak pernah ada makan siang gratis dari negara penjajah salibis AS yang telah membunuhi jutaan kaum muslimin di seluruh dunia. (muhibalmajdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...