Perusuh menyerang istana kepresidenan Mesir dengan bom molotov dan bola api

73

KAIRO (Arrahmah.com) – Sekelompok perusuh yang berasal dari kelompok “Black Blok” melemparkan bom-bom molotov dan bola-bola api ke halaman istana kepresidenan Mesir dalam aksi kerusuhan pada Jum’at (25/1//2013). Pihak aparat kepolisian melepaskan tembakan gas air mata untuk membubarkan kelompok perusuh tersebut, laporan kantor berita Turki Anatolia.

Kelompok Black Blok telah mengumumkan bahwa puluhan pemuda yang memakai penutup kepala dan melemparkan bom-bom molotov serta bola-bola api ke halaman istana kepresidenan Mesir adalah anggota kelompok mereka.

Iklan

Kerusuhan dan bentrokan terjadi saat puluhan demonstran memutus dan menyingkirkan pagar kawat berduri yang dipasang di depan istana kepresidenan. Aparat kepolisian membalas tindakan para perusuh itu dengan membongkar lebih dari sepuluh tenda kelompok perusuh yang telah melakukan aksi menentang rancangan konstitusi Presiden Mursi sejak November 2012 lalu.

Selain menyerang istana kepresidenan dengan melemparkan bom-bom Molotov dan bola-bola api, para perusuh juga mengepung rumah Presiden Mursi di kampung halamannya, propinsi Sharqiyah. Para perusuh juga memutus jalur kereta api, jalur metro dan membakar beberapa fasilitas umum, laporan harian Ash-Sharq Al-Awsath.

Sekelompok pegiat facebook telah berhasil mengungkapkan informasi bahwa kelompok Black Blok dipimpin oleh seorang Kristen Koptik Mesir. Kelompok sektarian ini berada di balik sejumlah aksi kerusuhan dan perusakan fasilitas umum yang saat ini melanda Mesir. Seperti kelompok sekuler, liberal dan kroni-kroni mantan dictator Husni Mubarak, kelompok Black Blok bertujuan menumbangkan pemerintahan Muhammad Mursi dengan mengendarai peringatan dua tahun revolusi 25 Januari yang sukses menumbangkan Husni Mubarak. (muhib almajdi/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya