Thailand menangkap lebih dari 150 warga Muslim Rohingya dan akan mendeportasi mereka

29

BANGKOK (Arrahmah.com) – Thailand menangkap lebih dari 150 imigran Muslim Rohingya dan berjanji akan mendeportasi mereka ke Myanmar, menurut polisi setempat pada Senin (14/1/2013), kepada AFP.

Para imigran itu ditemukan di sebuah kamp tersembunyi di dekat selatan perbatasan Thailand dengan Malaysia. 71 pria dan 85 wanita serta anak-anak ditemukan di sebuah perkebunan karet di provinsi Songkhla, kata kolonel polisi Krisakorb Pleetanyawong, empat hari setelah sekitar 400 warga Rohingya ditemukan di tempat lainnya di provinsi tersebut.

Iklan

“Mereka akan diperlakukan berdasarkan hukum imigran ilegal dan akan dideportasi,” katanya kepada AFP.

Ribuan Muslim Rohingya telah melarikan diri dari negara bagian Arakan (Rakhine), Myanmar, ke Thailand dan negara-negara tetangga lainnya demi mencari tempat yang aman untuk menyelamatkan diri dari penganiayaan dan diskriminasi dari warga Buddhis Rakhine dan aparat keamanan.

Pengamat HAM Thailand Sunai Phasuk mengatakan bahwa wanita dan anak-anak di antara perahu-perahu imigran Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar jumlahnya meningkat.

HAM Thailand meminta pemerintah Thailand untuk mengizinkan badan pengungsi PBB untuk menangani para imigran Rohingya ini sebelum mendeportasi mereka. (siraaj/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya