Berita Dunia Islam Terdepan

Pesawat tanpa awak Pakistan jatuh di Waziristan Selatan

3

PESHAWAR (Arrahmah.com) – Sebuah pesawat tanpa awak (drone) Pakistan telah jatuh di wilayah Waziristan, wilayah kesukuan yang sering menjadi target serangan drone AS yang banyak memakan korban warga sipil.

Pejabat keamanan Pakistan pada Jum’at (21/12/2012) mengatakan kepada AFP bahwa drone tersebut jatuh akibat kegagalan teknis.

Drone itu sedang melakukan operasi mata-mata sejak Kamis (20/12) malam di daerah Azam Warsak, di barat Wana, kota utama di Waziristan Selatan. Sumber lainnya juga mengkonfirmasi kecelakaan ini dan mengatakan bahwa para Mujahidin Taliban Pakistan mengepung area jatuhnya pesawat.

Industri pertahanan Pakistan telah menciptakan drone kecil yang digunakan untuk operasi pengintaian oleh angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara Pakistan dan belum memiliki kapasitas senjata mematikan seperti drone AS.

Rezim Pakistan berharap operasi drone AS bisa beralih ke tangan Pakistan. Operasi drone AS di wilayah kesukuan Pakistan dianggap melanggar kedaulatan Pakistan, tetapi anehnya hingga saat ini drone AS masih leluasa menargetkan para penduduk Waziristan dengan dalih menyerang “teroris.”

Para pejabat Amerika dengan arogannya meyakini bahwa mereka “terlalu penting” untuk menyerah atas operasi drone ini.

Pakistan hingga kini belum bersikap tegas terhadap AS untuk menghentikan serangan-serangan ilegalnya terhadap wilayah Waziristan yang merupakan wilayah mayoritas Muslim itu. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...