Berita Dunia Islam Terdepan

PBB ingin mengendalikan internet di seluruh dunia

8

DUBAI (Arrahmah.com) – PBB dilaporkan hendak mengontrol internet di seluruh dunia dengan aturan baru yang akan di bawah kendali Persatuan Telekomunikasi Internasional PBB (ITU).

Dalam sebuah konferensi di Dubai pekan ini, para anggota ITU sepakat untuk menerapkan stadar bagi internet yang akan memungkinkan untuk menguping pada skala dunia, seperti dilansir Al Arabiya.

Para anggota ITU memutuskan untuk mengadopsi standar Y.2770 untuk paket inspeksi mendalam, sebuah proposal rahasia dengan cara Cina yang akan memungkinkan perusahaan-perusahaan telekomunikasi di seluruh dunia untuk “lebih mudah” menggali informasi melalui data Web, menurut laporan Russia Today.

Konferensi ITU tersebut telah memicu penentangan dari Washington dan para aktivis internet yang takut aturan baru bisa mengakhiri sistem freewheeling (bebas kendali) internet.

DPR Amerika Serikat (AS) pada Rabu (5/12) mengeluarkan suara bulat untuk menentang setiap upaya untuk memberikan PBB otoritas baru untuk mengatur internet.

Anggota DPR AS Greg Walden mengatakan bahwa Washington tidak seharusnya berpangku tangan terkait hal ini sementara negara-negara seperti Rusia dan Cina berusaha untuk mengendalikan internet.

Pertemuan di Dubai itu telah dihadiri oleh sekitar 1.950 delegasi dari seluruh dunia untuk bersama-sama merevisi perjanjian Peraturan Telekomunikasi Internasional (ITRs), yang telah berlaku sejak 1988 dan memberikan aturan terkait routing dan charge antar para operator global, juga lalu lintas secara keseluruhan antar operator jaringan internasional. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...