Berita Dunia Islam Terdepan

Australia ganti kemasan rokok dengan kemasan “mengerikan” dalam upaya memperbaiki kesehatan publik

6

SYDNEY (Arrahmah.com) – Australia telah menjadi negara pertama di dunia yang memperkenalkan kemasan datar untuk rokok. Mulai bulan ini, semua logo perusahaan tembakau dan warna kemasan (yang menarik) akan dilarang dari bungkusan rokok, demikian BBC melaporkan.

Kemasan diganti dengan tampilan suram, sama, dengan warna coklat atau hijau, disertai dengan gambar anti-rokok yang mengerikan dan pesan akan bahaya rokok.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperbaiki kesehatan publik.

Perusahaan-perusahaan tembakau gagal untuk menghentikan larangan itu di Pengadilan Tinggi pada Agustus lalu.

Biasanya, brand perusahaan tercetak besar pada kemasan rokok dan peringatan bahaya rokok hanya dicetak dalam kotak kecil, namun sekarang menjadi terbalik, satu-satunya konsesi untuk perusahaan tembakau adalah nama mereka dan nama varian merk mereka dicetak dalam tulisan kecil di kotak di bagian bawah kemasan.

“Ini adalah nafas terakhir bagi sebuah industri yang sedang sekarat,” kata Menteri Kesehatan Australia Tanya Plibersek. Anne Jones, dari kelompok anti-merokok ASH (Action on Smoking and Health), sepakat.

“Kemasan datar telah membuat pribadi jauh dari bungkusan rokok,” katanya.

Dengan “melucuti” warna dan logo-logo menarik yang biasanya terpampang di bungkusan rokok dan diganti dengan pesan peringatan yang besar, diharapkan bisa mengurangi ketertarikan orang pada rokok. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...