Berita Dunia Islam Terdepan

Kunjungan Putin ke Turki disambut demo massa

3

ISTANBUL (Arrahmah.com) – Presiden penjajah Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan di Istanbul pada Senin (3/12/2012) untuk berbicara masalah konflik Suriah, kunjungan ini disambut demonstrasi oleh massa yang menentang kehadiran Putin di Turki.

Para demonstran meneriakkan slogan-slogan anti-Putin di luar kantor Erdogan dan demonstrasi lainnya digelar di depan konsulat Rusia di Istanbul sebelum pembicaraan kedua tokoh itu dimulai.

Awalnya, Putin berencana berkunjung ke Turki pada awal Oktober lalu, namun rencana itu ditunda karena ketegangan konflik di Suriah dan juga di tengah-tengah spekulasi tentang kesehatan Putin yang memburuk.

Tetapi pejabatnya mengatakan bahwa Putin dalam kondisi baik ketika berkunjung ke Turki.

Media-media Rusia melaporkan bahwa Putin sedang menderita sakit di punggungnya, akibat kemungkinan jatuh saat sedang bermain judo atau saat berkuda.

Meskipun isu mengatakan bahwa terjadi ketegangan politik antara Turki dan Rusia, kedua negara itu masih berhubungan baik dalam bidang perdagangan dan energi. Volume perdagangan antara kedua negara tersebut diperkirakan akan mencapai USD 35 milyar hingga akhir tahun ini.

Sementara terkait konflik Suriah, menurut laporan belum ada kesepakatan yang dicapai antara kedua pihak itu dan masih bertahan pada argumen masing-masing. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...