Berita Dunia Islam Terdepan

Al-Qaeda Negeri Maghrib umumkan pembentukan brigade keenam

2

MALI (Arrahmah.com) – Tanzhim Al-Qaeda Negeri Maghrib Islam (AQIM) mengumumkan pembentukan brigade baru. Brigade tersebut merupakan brigade keenam AQIM yang akan beroperasi di wilayah Mali Utara dan Aljazair Selatan. Demikian laporan Sahara Media pada Rabu (28/11).

Brigade baru tersebut diberi nama Brigade Yusuf bin Tasyfin. Yusuf bin Tasyfin adalah nama amir Daulah Murabithah yang menguasai Afrika Utara dan Afrika Barat serta menyelamatkan Andalusia dari penjajahan Nashrani Eropa.

AQIM mengangkat Abu Abdul Hamid Al-Kidali Al-Qairawani sebagai komandan Brigade Yusuf bin Tasyfin. Al-Kidali diambil dari kata Kidal, ibukota wilayah suku-suku Tawarek di Mali Utara. Al-Qairawani diambil dari kata Qairawan, sebuah kota besar dan pusat ilmu di negaraTunisia.

Brigade Yusuf bin Tasyfin akan bekerja di wilayah Kidal, Wajalhuk dan barisan pegunungan Tagher Garem yang membentang sampai wilayah perbatasan Aljazair. Di wilayah tersebut diyakini AQIM telah mendirikan pangkalan-pangkalan pertahanan yang kuat.

Brigade Yusuf bin Tasyfin yang dikomandani oleh salah seorang pemuda anggota suku-suku Tawarek diyakini akan menarik dukungan lebih luas dari para pemuda dan tenaga tempur suku-suku Tawarek di kawasan gurun Sahara yang sangat luas.

Kehadiran dan peranan brigade tersebut akan sangat strategis seiring semakin dekatnya rencana invasi militer negara-negara sekuler Afrika Barat terhadap wilayah mujahidin di Mali Utara. Brigade tersebut akan menjadi ujung tombak mujahidin AQIM di front terdepan dalam melawan aliansi militer penjajah Afrika Utara dukungan AS dan Barat. (muhib almajdi/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...