Laporan : Tanpa dukungan Iran, rezim Assad sudah runtuh

5

DAMASKUS (Arrahmah.com) – Iran semakin khawatir tentang nasib Presiden rezim Suriah Bashar al-Assad dan putus asa bahwa rezim tidak mengambil rekomendasi dari masyarakat Iran untuk menjaga kekuasaannya, ujar sebuah laporan dari Iran yang bersumber dari diplomatik Barat.
Pasukan Iran di Suriah semakin terbebani karena para pemimpin rezim Suriah tidak mengikuti saran mereka sehingga situasi semakin kacau, ujar laporan yang diperoleh dari kedutaan Barat di Teheran seperti yang dilansir Al Arabiya.

Laporan, bagaimanapun tidak menyebutkan secara rinci mengenai penjelasan rekomendasi yang diberikan Iran untuk rezim Suriah.

Namun laporan tersebut mengungkapkan bahwa Teheran kecewa degan korupsi yang melanda Angkatan Bersenjata Suriah saat sejumlah besar dana dari Iran ditransfer ke rekening bank pribadi para perwira senior Suriah.

Laporan lebih lanjut menyatakan bahwa Iran akan terus melanjutkan dukungannya untuk Assad hingga pemilihan presiden pada Juni 2013 mendatang.

Dalam kesimpulannya, laporan itu menyebutkan Iran memutuskan untuk tidak meningkatkan dukungannya ke Suriah karena situasi ekonomi di Iran sendiri terus memburuk dan kelangsungan hidup rezim Assad tidak akan bertahan lama.

“Iran sedang mencoba mencari solusi lain agar ‘Hizbullah’ bisa mendapat dukungan rakyat Iran bahkan setelah jatuhnya rezim Assad,” ujar laporan menambahkan.

Laporan itu mengatakan Iran yakin runtuhnya rezim Assad tak terelakkan tanpa dukungan Iran.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.