Dalam waktu 24 jam, pejuang Suriah tembak jatuh 2 pesawat tempur rezim

17

DAMASKUS (Arrahmah.com) – Dalam waktu kurang dari 24 jam, pejuang Suriah menggunakan rudal untuk menjatuhkan dua pesawat milik tentara rezim Alawiyah di utara Suriah.

Sejak akhir Juli lalu, rezim Suriah telah menggunakan jet tempur untuk mencoba menekan pergerakan para Mujahid Suriah yang tumbuh dengan pesat.  Angkatan udara membombardir wilayah-wilayah yang telah dibebaskan oleh pejuang Suriah di seluruh negeri, menyebabkan korban yang sangat tinggi.

Tetapi Rabu (28/11/2012) pagi, pejuang Suriah menembak jatuh pesawat tempur di provinsi Aleppo, ujar seorang wartawan AFP.

Pesawat tersebut jatuh setelah dihantam oleh ledakan besar, kepulan asap hitam tebal membumbung ke angkasa, ujar wartawan yang berjarak hanya beberapa kilometer dari lokasi kejadian.

Para pejuang Suriah beberapa jam sebelumnya juga menjatuhkan sebuah helikopter militer untuk pertama kalinya.

“Ini adalah titik balik,” ujar Riad Kahwaji, seorang pengamat ahli.

“Jika angkatan udara Suriah mulai kehilangan beberapa pesawat setiap harinya, akan menjadi titik balik penting karena rezim akan kehilangan keunggulannya dan tidak lagi dapat menggunakan sarana utamanya,” lanjut Kahwaji kepada AFP.

Jet terjatuh di kebun zaitun yang berjarak kurang dari satu mil dari desa Tourmanin di utara Aleppo. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.