Inilah isi kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas

8

GAZA (Arrahmah.com) – Israel dan Hamas telah sepakat untuk gencatan senjata pada Rabu (21/11/2012) malam ditengahi oleh Mesir untuk mengakhiri agresi militer selama delapan hari yang telah memakan banyak korban jiwa di Jalur Gaza.

Inilah isi kesepakatan gencatan senjata itu, yang mulai berlaku pada Rabu malam pukul 21:00 waktu setempat:

1. (tidak ada judul di sesi ini)

A. Israel harus menghentikan peperangan di darat, laut, dan udara Jalur Gaza, termasuk penyerangan dan penargetan secara individual.

B. Semua faksi Palestina akan menghentikan peperangan terhadap Israel dari Jalur Gaza, termasuk serangan-serangan roket dan seluruh serangan di sepanjang perbatasan.
 
C. Pembukaan perbatasan-perbatasan dan memfasilitasi pergerakan orang-orang serta pengiriman barang-barang dan menahan diri dari memperketat kebebasan gerak penduduk dan menargetkan para penduduk di daerah-daerah perbatasan, dan pelaksanaan prosedur akan berlaku setelah 24 jam dimulainya gencatan senjata ini.
 
D. Hal-hal lainnya yang mungkin diminta akan akan diurus
 
2. Mekanisme pelaksanaan:
 
A. Menetapkan jam 0:00 untuk pemberlakuan kesepakatan
 
B. Mesir akan menerima jaminan dari setiap pihak bahwa pihak tersebut melakukan apa yang telah disepakati.
 
C. Masing-masing pihak akan berkomitmen untuk tidak melakukan tidakan apapun yang akan melanggar kesepakatan ini. Jika ada kasus dari setiap pengamatan,  Mesir sebagai sponsor kesepakatan ini harus diberitahu untuk menindaklanjuti.
 
(siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.