Berita Dunia Islam Terdepan

Pakistan akan bebaskan 8 tokoh Taliban Afghan dari penjara

1

PAKISTAN (Arrahmah.com) – Para pejabat dewan tinggi perdamaian Afghan pada Kamis (15/11/2012) mengatakan bahwa sekitar 8 tokoh Taliban lainnya akan dibebaskan dari penjara Pakistan pada 2 atau 3 hari mendatang Khaama melaporkan.

Masoom Stanekzai, ketua sekretariat dewan tinggi perdamaian Afghan mengatakan bahwa para pejabat Pakistan dan Afghan sedang mendiskusikan para tokoh Taliban yang dipenjara di Pakistan.

Namun Stanekzai tidak mengungkapkan lebih jauh informasi apakah saudara pemimpin Taliban di antara mereka yang akan dibebaskan dari penjara.

Rencana ini datang setelah kepala dewan tinggi perdamaian Afghan Salahuddin Rabbani mengunjungi Pakistan dengan seorang delegasi dari para pejabat Afghan dalam upaya untuk membuka jalan “perundingan bagi perdamaian” Afghanistan.

Pada saat yang sama duta besar Afghan di Islamabad Muhammad Omer Daudzai menyeru delegasi perdamaian Afghan untuk mengunjungi Pakistan.

Namun Daudzai tidak mengatakan lebih jauh informasi terkait dengan pembicaraan damai, namun dia mengatakan bahwa sejumlah tokoh terkemuka Taliban yang ditahan akan dibebaskan dari penjara Pakistan.

Pakistan sepakat untuk memebaskan beberapa para tahanan Taliban sebagai bagian dari dukungannya untuk mendukung berakhirnya konflik di Afghanistan, berdasarkan sebuah pernyataan gabungan yang dirilis oleh Dewan Perdamaian dan Menteri Luar Negeri Pakistan. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...