Lebih dari 1000 tentara Jerman akan meninggalkan Afghanistan pada 2013

27

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) – Menteri luar negeri Jerman mengatakan bahwa negaranya berencana untuk mengurangi pasukannya di Afghanistan sekitar seperempat dari total tentara karena Jerman akan membawa pulang seluruh tentara tempurnya pada akhir 2014.

Jerman saat ini memiliki sekitar 4.760 tentara di Afghanistan, kontingen terbesar ketiga di bawah pimpinan ISAF, setelah Inggris dan AS.

Khaama melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle dan Menteri Pertahanan Thomas de Maizière mengusulkan pada Rabu (14/11/2012) di Berlin bahwa jumlah pasukan Jerman di Afghanistan harus dikurangi secara berangsur-angsur.

Dalam proposal itu, 3.300 tentara Jerman akan tetap berada di Afghanistan hingga akhir 2014.

Para menteri mengatakan bahwa kabinet akan memutuskan akhir bulan ini terkait target 3.300 tentara pada Februari 2014, dan majelis perlemen rendah Bundestag akan memberikan suara segera setelah itu.

Pada Januari 2013, jumlahnya harus berkurang menjadi 4.400 tentara.

Sebagian besar negara-negara yang mengerahkan tentara ke Afghanistan sedang bekerja dengan fase penarikan mundur serupa, sesuai dengan rencana NATO yang akan menarik mundur pasukannya di Afghanistan pada akhir 2014. Namun NATO menyatakan sebagian pasukan masih akan berada di Afghanistan setelah itu dengan dalih sebagai penasehat dan pelatih pasukan boneka Afghan. (siraja/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.