Berita Dunia Islam Terdepan

Iran meningkatkan aktivitas militer dan intelijennya di Afghanistan

1

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) – Iran telah meningkatkan pengaruh militer dan intelijennya di Afghanistan, selain pengaruh budaya di beberapa bagian Afghanistan, melalui Komite Bantuan Imam Khumaini, menurut laporan Khaama Press.

Para pejabat Afghan yakin bahwa bantuan dari Komite Bantuan Imam Khumaini secara langsung diberikan kepada orang-orang yang berkomitmen untuk Iran dan merayakan ritual keagamaan (Syi’ah) serta acara nasional yang terkait dengan Iran.

Para pejabat Afghan juga yakin bahwa Iran juga mendanai sejumlah awak media di Afghanistan dalam upaya untuk menyampaikan target-target politik dan budaya Iran di Afghanistan.

Seorang pejabat Afghan di istana kepresidenan mengutip Wall Street Journal, mengatakan bahwa Iran telah benar-benar mempengaruhi sejumlah rakyat Afghan di negara mayoritas Muslim Sunni ini dan dapat dengan mudah mengumpulkan lebih dari 20.000 orang untuk melakukan tindakan yang diperintahkan.

Pejabat itu menambahkan, beberapa pejabat Afghan termasuk yang bekerja di dalam istana kepresidenan juga didanai oleh Iran.

Komite Bantuan Imam Khumaini adalah organisasi rahasia yang juga aktif beroperasi di sejumlah negara-negara lain.

Menurut seorang jurnalis Afghan yang telah bekerja di Iran selama beberapa tahun, seperti dilansir Khaama Press, Komite Bantuan Imam Khumaini adalah sebuah organisasi milik pemerintah yang dioperasikan oleh Garda Revolusioner Iran. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...