Berita Dunia Islam Terdepan

Barang diduga bom menyasar Tentena

7

POSO (Arrahmah.com) – Kehadiran benda diduga bom makin meluas di wilayah Kabupaten Poso. Rabu (24/10), barang yang diduga bom ditemukan warga di Pasar Ikan Pasar Sentral Siwagilemba Kota Tentena kabupaten Poso. Ini merupakan temuan bom pertama bagi warga masyarakat di Kota wisata Tentena, setelah sebelumnya bom banyak meneror warga diwilayah Kota Poso Bersaudara.

Barang diduga bom di pasar Tentena ditemukan pertama kali oleh seorang pedagang ayam kampung di pasar tersebut bernama Daniel (39). “Saya liat barang yang katanya bom itu sekitar jam 12.00 wita,” kata Daniel seperti yang dilansir Radar Sulteng, Kamis (25/10).

Diceritakan Daniel, ia melihat barang diduga bom saat hendak memasukan dagangan ayam kampungnya kedalam kandang penampungan untuk istirahat makan siang. Saat itu, barang yang diduga bom diletakan oleh orang yang tak dikenal dibawah sepeda motor milik pedagang penjual plastic. Barang diduga bom berbentuk bulat panjang dibungkus dalam plastic putih dan dililit dengan lakban hitam. “Kita liat ada kabelnya juga. Dua urat,” jelas Daniel.

Oleh Daniel dan kawan-kawannya di pasar ikan Pasar Sentral Tetena, temuan barang diduga bom lalu dlaorkan ke polisi Polsek Tentena, Pamona Puselembah. Setelah mengamankan lokasi dengan police line, selanjutnya Polsek Tentena melaporkan ke Polres Poso. Sekitar jam 15.00 wita, tim Jobom Gegana Polda Sulteng dan Inafis Polda menuju ke TKP di Pasar Ikan kompeleks Pasar Sentral Tentena.

Tiba di TKP sekitar jam 17.00 wita, tim Jibom Gegana langsung mengambil langkah pengamanan lokasi dari kerumunan warga. Setelah warga di TKP menjauh dari lokasi (sekitar 300 meter), tim Jibom mengamankan barang diduga bom untuk selanjutnya dibawa ke Mako Brimob Kompi C desa Saojo kecamatan Pamona Utara pada pukul 17.30 untuk di disposal. Menurut informasi, barang diduga bom tidak di disposal di TKP karena lokasi dan tempatnya tidak memungkinkan. Tiba di Mako Brimob Saojo, barang diduga bom di disposal sekitar pukul 17.40 wita.

“Dari suara ledakan yang ditimbulkan, dipastikan ada materi bom pada barang yang ditemukan di Pasar tadi,” ujar anggota Inafis Polda.

Kapolsek Tentena Pamona Puselembah, Iptu Edward Pandjaitan membenarkan adanya temuan barang diduga bom oleh warga di pasar ikan kompleks pasar sentral Tentena. Namun demikian, Edwar belum bisa memastikan jika barang yang ditemukan waga itu adalah posisit sebuah bom.

“Belum dipastikan jika itu adalah bom. Kita tunggu saja hasil identifikasinya setelah nanti didisposal,” katanya saat dikonfirmasi di TKP pasar Tentena. Barang didiga bom tersebut, lanjut Kapolsek, terbungkus dalam plastic putih dan dililit lakban hitam. Dalam bagian barang diduga bom tersebut juga terdapat juluran dua buah kabel berwarna hutam dan merah.(bilal/arrrahmah.com)

Baca artikel lainnya...