Berita Dunia Islam Terdepan

Pejuang oposisi Suriah berhasil merebut sebuah pangkalan udara milik tentara rezim Assad

1

ALEPPO (Arrahmah.com) – Pejuang oposisi Suriah mengatakan telah berhasil menduduki pangkalan udara milik tentara rezim di Aleppo setelah melalui beberapa pertempuran sengit.

Basis prtahanan udara yang dirampas oleh pasukan oposisi berlokasi di desa al-Tana di wilayah timur jalan utama dari Aleppo menuju al-Raqqa, ujar Observatorium Suriah untuk HAM pada Jumat (12/10/2012) seperti yang dilaporkan Al Jazeera.

Organisasi pro-oposisi ini mengatakan pejuang telah menewaskan lebih dari 100 tentara rezim dalam dua hari.

Empat belas tewas dalam serangan terhadap sebuah pos militer di Daraa pada Jumat (12/10), sehari setelah tentara rezim menderita kehilangan 92 anggotanya, total harian tertingi bagi militer rezim dalam konflik yang telah berlangsung lebih dari 19 bulan.

Pertempuran harian

Di tempat lain, di Aleppo dan kota Homs, pertempuran hampir setiap hari terjadi di pinggiran Damaskus maupun pedesaan.

Kantor berita resmi milik rezim Suriah, SANA, melaporkan bahwa pasukan pemerintah tengah meningkatkan operasi untuk “membersihkan” wilayah Karm al-Jabal di Aleppo dari pemberontak.

Aleppo, kota terbesar Suriah telah diperebutkan sejak Juli lalu.  Pejuang oposisi telah berhasil menguasai wilayah Maarat al-Numan yang dilintasi jalan raya utama antara Aleppo dan Homs, di mana pasukan pemerintah selalu melewatinya untuk memasok dan memperkuat kota-kota di utara.

Lebih dari 30.000 orang telah tewas dalam kekerasan di Suriah yang dimulai saat rakyat memberontak melawan rezim yang telah berkuasa lebih dari empat dekade.  (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...