Berita Dunia Islam Terdepan

Pejuang oposisi Suriah mengumumkan telah mengontrol sebuah kota strategis di provinsi Idlib

3

IDLIB (Arrahmah.com) – Pejuang oposisi Suriah telah berhasil mengambil alih kontrol atas kota Maarat al-Numan, sebuah kota strategis di provinsi Idlib yang menghubungkan Damaskus dengan Aleppo, ujar aktivis seperti yang dilansir Al Jazeera.
“Pasukan rezim dipukul mundur dari semua pos pemeriksaan mereka di sekitar Maarat al-Numan, kecuali satu di pintu masuk kota,” ujar Rami Abdel Rahman, seorang aktivis organisasi yang berbasis di Inggris yang mendapatkan informasi dari sumber lapangan di Suriah pada Selasa (9/10/2012).

“Ini adalah lokasi yang strategis pada rute dari Damaskus menuju Aleppo.  Semua bala bantuan rezim menuju Aleppo harus melewati Maarat al-Numan.”

Pasukan pejuang oposisi mengatakan mereka menahan semua kecuali tiga pos pemeriksaan dan kini mereka berhasil menguasai kota.

Dalam sebuah video yang dirilis oleh aktivis Suriah pada Selasa (9/10), sekitar 20 pejuang dari Brigade Martir terlihat berkumpul di sekitar tank yang dirampas dari sebuah pos pemeriksaan yang berhasil mereka duduki di Maarat al-Numan.

“Ini adalah tank Anda, hai Bashar!” mereka berteriak sambil merayakan kemenangan.  Maarat al-Numan sebelumnya pernah berhasil jatuh ke tangan pejuang oposisi pada 10 Juni, tetapi di bulan Agustus tentara rezim Assad merebut kembali kota tersebut.

Joshua Landis, seorang direktur Pusat Studi Timur Tengah di Universitas Oklahoma mengatakan bahwa Maarat al-Numan akan mewakili kemenangan yang penting.

Kota tersebut jatuh ke tangan pejuang oposisi setelah 48 jam pertempuran sengit dan pemboman. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...