Berita Dunia Islam Terdepan

Pemerintah daerah Turki berencana merenovasi masjid untuk mempermudah para penyandang cacat

1

TURKI (Arrahmah.com) – Pemerintah daerah Turki sedang berencana untuk merenovasi masjid-masjid untuk mempermudah para penyandang cacat, sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan masyarakat Turki.

“Kami telah berkonsultasi dengan Departemen Agama tentang cita-cita untuk merenovasi kamar kecil di Masjid Tuzla dengan tujuan agar mereka mendapatkan kemungkinan kondisi paling higienis,” kata Sadi Yazici, Walikota distrik Tuzla di Itanbul, kepada konferensi pers yang dikutip harian Hurriyet.

Yazici mengungkapkan rencana untuk merenovasi masjid-masjid untuk memberi kemudahan akses bagi para jamaah Muslim yang menyandang cacat.

Berdasarkan rencana, Masjid Çiçekçiler di Tuzla telah dilengkapi dengan peralatan yang dibutuhkan untuk mempermudah para penyandang cacat.

Sebuah kamar kecil yang cocok bagi kebutuhan para jamaah yang memiliki kekurangan fisik telah dibangun di Masjid tersebut.

Sebuah lift juga telah dibangun untuk memfasilitasi akses para jamaah yang menyandang cacat.

Tanda-tanda atau tanda arah juga telah dibuat di halaman Masjid untuk mempermudah para jamaah yang penglihatannya lemah.

Walikota Tuzla ini juga sedang berencana untuk melakukan renovasi serupa pada 58 masjid di daerahnya.

Para pejabat Turki juga sedang meninjau untuk mengubah seluruh masjid di seluruh Turki menjadi masjid yang mempermudah para penyandang cacat.

“Kami ingin melihat seluruh dari 86.000 masjid di Republik Turki memiliki tingkat kebersihan dan aksesibilitas yang sama,” kata Mehmet Görmez, ketua Direktorat Departemen Agama.

“Masjid harus sesuai untuk menempatkan para perempuan, dan kondisi kamar kecil karena itu sangat penting.”

“Setiap masjid harus memiliki kamar kecil perempuan yang sesuai dengan standar kesehatan yang baik,” katanya.

Görmez juga mengatakan bahwa masjid-masjid harus menjadi tempat yang memenuhi kebutuah sosial para pemuda dan anak-anak. Dia juga menambahkan bahwa masjid harus sesuai standar estetika bangunan demi keselamatan publik. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...