Berita Dunia Islam Terdepan

Pospam kembali diserang dengan granat di Solo

1

SOLO (Arrahmah.com) – Pos pengamanan (Pospam) Lebaran di perempatan Gladag di Solo diserang orang tak dikenal. Kali ini pospam di perempatan Gladag dilempar bahan peledak. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Pelaku dua orang yang berboncengan sepeda motor.

Kapolresta Surakarta, Kombes (Pol) Asdjimain, mengatakan benda yang dilemparkan orang tak dikenal di pospam lebaran perempatan Gladag, Solo, adalah bahan peledak jenis granat dengan daya ledak rendah. Tidak ada korban jiwa maupun luka. Ledakan hanya merusak satu buah kursi yang berada di dalam pospam.

“Yang dilemparkan adalah sebuah granat dengan daya ledak rendah. Terbukti di dekat lokasi pelemparan terdapat sebuah sepeda motor yang hanya berjarak 1,5 meter, tetapi tidak mengalami kerusakan apapun. Kita juga menemukan serpihan-serpihan granat itu di lokasi kejadian,” ujar Asdjimain kepada wartawan di lokasi kejadian, Minggu (19/8/2012) dinihari seperti dirilis detikcom.

Asdjimain mengatakan, dari serangan itu hanya terdapat satu kursi kayu yang patah bagian atasnya terkena ledakan. Namun dipastikan enam personil jaga di pospam tidak mengalami luka akibat serangan itu.

Lebih lanjut, Asdjiman juga mengatakan pihaknya akan terus mendalami berbagai informasi terkait kejadian itu, termasuk mendalami kemungkinan kaitan serangan tersebut dengan serangan dua hari sebelumnya di pospam lebaran perempatan Gemblegan.

“Untuk mengejar pelakunya, kita akan mendalami berbagai informasi, baik dari keterangan para saksi maupun keterangan para anggota yang berjaga di pospam saat kejadian. Kami juga akan mendalami kemungkinan apakah para pelaku terekam di kamera CCTV yang terpasang di perempatan Gladag,” ujar mantan Kabag Intelkam Polwil Surakarta tersebut.

Asdjimain juga menegaskan pihaknya tidak akan takut menghadapi ulah pihak-pihak yang ingin mengacaukan keamanan, meskipun dari dua kejadian beruntun serangan dilakukan di aset kepolisian sehingga seolah-olah pelaku sedang mengancam polisi. “Kami tegaskan, polisi tidak akan takut.”

Ditegaskan pula, untuk memberikan jaminan keamanan kepada warga, terutama umat muslim yang akan menjalankan sholat ied pagi nanti, polisi dibantu TNI akan menambah personil keamanan di lokasi-lokasi pelaksanaan sholat ied dan sejumlah tempat vital. Polisi dan TNI, lanjutnya, juga akan melakukan pengamanan perayaan lebaran di Solo tetap aman.

Sebelumnya kesaksian warga menyebut pos pengamanan (Pospam) Lebaran di perempatan Gladag di Solo dilempar petasan. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Kejadian ini adalah kejadian kedua setelah beberapa waktu sebelumnya pospam Gemblegan ditembaki orang tak dikenal. (bilal/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...