Berita Dunia Islam Terdepan

Green-on-blue attacks terjadi lagi, dua salibis AS tewas ditembak polisi Afghan

3

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) –  Dua tentara teroris Amerika Serikat (AS) tewas oleh seorang polisi lokal Afghan pada hari Jum’at (17/8/2012) di provinsi Farah dalam insiden yang musuh sebut sebagai “Green-on-blue attacks”, kabar ini dikonfirmasi oleh NATO.

“Dua pasukan AS tewas pagi ini akibat dari ancaman serangan orang dalam di barat provinsi Farah,” kata Pasukan Bantuan ‘Keamanan’ Internasional pimpinan AS (ISAF), dikutip AFP.

Seorang polisi lokal Afghan mengarahkan senjatanya kepada para tentara AS, dan ISAF mengklaim penyerang itu telah tewas dalam serangan balasan.

“Seorang anggota polisi lokal Afghan berbalik senjata melawan USFOR-A (pasukan AS di Afghanistan). Penyerang telah ditembak dan tewas.”

Sekretaris Pertahanan AS Leon Panetta pada hari Kamis mengatakan bahwa ia sangat “prihatin” karena meningkatnya serangan pihak dalam dan dampak serangan-serangan semacam ini bagi kerjasama koalisi dengan Afghanistan.

Menurut NATO, kematian pasukannya akibat “Green-on-blue attacks” tahun ini mencapai 39 tentara dalam 28 serangan di tempat yang berbeda, namun laporan Mujahidin Imarah Islam Afghanistan lebih dari ini.

Serangan pihak dalam ini terjadi umumnya akibat dua sebab, pertama adalah penyusupan Taliban dan kedua adalah kesadaran tentara/polisi Afghan tentang kenyataan yang ada (menyadari siapa musuh sebenarnya) sehingga mereka memilih “berkhianat” kepada NATO dan bergabung dengan Mujahidin Taliban. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...