Berita Dunia Islam Terdepan

Muhammadiyah Idul Fitri tanggal 19 agustus 2012

2

YOGYAKARTA (Arrahmah.com) – Berdasarkan hisab wujudul hilal yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal atau Idul Fitri 1433 Hijriah jatuh pada 19 Agustus 2012.

“Oleh karena itu, kami menginstruksikan kepada segenap warga Muhammadiyah pada khususnya dan mengajak umat Islam pada umumnya untuk menunaikan shalat Idul Fitri 1433 Hijriah pada 19 Agustus 2012,” kata Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Agung Danarto di Yogyakarta, Jumat (10/8) dikutip antaranews.

Berkaitan dengan hal itu, umat Islam diharapkan memperkokoh silaturahmi, ukhuwah, dan usaha kolektif untuk meningkatkan kualitas hidup sebagai wujud implementasi ketaqwaan hasil ibadah puasa.

“Hal itu yang menunjukkan diri sebgai umat terbaik di berbagai bidang kehidupan sehingga menjadi teladan dan berdiri di barisan paling depan dalam dinamika kehidupan bangsa Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan para tokoh umat dan pembawa misi dakwah diharapkan semakin mengoptimalkan bimbingan, arahan, dan pelajaran yang mencerahkan kepada jamaah kaum muslimin baik dalam memperkaya keyakinan, pemikiran maupun pengamalan Islam sehingga membawa kemajuan peradaban yang utama.

Selain itu, menghindari hal-hal yang bersifat pendangkalan dalam menanamkan keyakinan, pemahaman, dan amaliah Islam yang membawa kemunduran dalam kehidupan umat.

Muhammadiyah juga mengimbau seluruh kekuatan dan umat beragama agar semakin meningkatkan ikatan persaudaraan, toleransi, perdamaian, dan kerja sama yang konstruktif sebagaimana pesan luhur setiap agama.

“Dalam hal ini penting untuk terus diikhtiarkan bersama pencegahan konflik yang mengatasnamakan atau memanfaatkan sentimen keagamaan yang dapat melahirkan citra negatif tentang agama dan umat beragama,” katanya. (bilal/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...