Berita Dunia Islam Terdepan

ISAF semakin khawatir akan meningkatnya serangan dari tentara Afghan

0

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) – Akhir-akhir ini sering terjadi penembakan atau pembunuhan salibis yang dilakukan oleh orang-orang dari dalam pasukan boneka Afghan. ISAF semakin mengkhawatirkan serangan yang mereka sebut green-on-blue attack ini terus terjadi terhadap tentara mereka.

Pasukan Bantuan ‘Keamanan’ Internasional (ISAF) prihatin tentang meningkatnya serangan-serangan oleh tentara Afghan terhadap pasukan asing pimpinan AS di Afghanistan, kata juru bicara ISAF, dikutip presstv.

Brigadir Jenderal Gunter Katz mengatakan pada hari Senin (30/7/2012) bahwa ISAF melakukan pembicaraan dengan pemerintahan boneka Afghan terkait masalah ini dan bahwa mereka memperhatikannya dengan sangat serius.

Katz mengklaim bahwa sebagian besar pasukan asing yang ditembak oleh tentara Afghan karena tentara Afghan “stres, mengeluh, atau karena infiltrasi Taliban.”

Serangan green-on-on-blue ini tak hanya menargetkan pasukan tempur ISAF, tetapi para kontraktor asing yang bekerja untuk misi AS di Afghanistan juga pernah menjadi sasaran penembakan oleh tentara Afghan yang membelot. Seperti baru-baru ini terjadi, 3 kontraktor ISAF di pusat pelatihan militer di Herat tewas akibat ditembak tentara Afghan. 

Selain itu, pembelotan dari jajaran pasukan Afghan terus terjadi, banyak tentara Afghan yang sadar akan realitas yang ada kemudian lebih memilih bergabung dengan Mujahidin Imarah Islam Afghanistan. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...