Berita Dunia Islam Terdepan

Salibis NATO kutuk penembakan lintas batas dari Pakistan ke Afghanistan

2

KABUL (Arrahmah.com) – Pasukan salibis NATO di Afghanistan telah mengutuk serangan lintas batas dari Pakistan, setelah Kabul memperingatkan bahwa pihaknya bisa saja membahayakan relasi kedua negara yang saling bertetangga tersebut.

Peringatan ini datang pada hari Minggu lalu, setelah sejumlah pejabat menyatakan bahwa lebih dari 300 unit rudal artileri dan roket ditembakkan dari Pakistan ke provinsi timur Kunar di Afghanisan selama dua hari ini, dan menewaskan sekurangnya empat orang.

Bulan lalu, rentetan api lintas perbatasan dari Pakistan ke Kunar memaksa ribuan penduduk desa meninggalkan rumah mereka setelah Islamabad menuduh Kabul melindungi ‘gerilyawan’ yang menyusup untuk membunuh 13 tentara Pakistan.

Afghanistan dan Pakistan biasanya saling menyalahkan atas kekerasan yang mengganggu kedua sisi perbatasan mereka, yang dikenal sebagai Garis Durand.

“ISAF NATO mengutuk serangan tidak langsung dari seluruh Garis Durand,” kata ISAF dalam sebuah pernyataan Rabu malam (25/7/2012).

“Kami terus bekerja sama dengan kementerian pertahanan Afghanistan, dan pemerintah Pakistan untuk memastikan mereka mengakhiri serangan ini.”

ISAF menyambut baik pengumuman kementerian luar negeri Afghanistan yang berinisiatif untuk mengadakan pertemuan mendesak antara pejabat dari kedua belah pihak di Afghanistan timur kota Jalalabad sebagai tanggapan dari masalah ini.

Pakistan pada hari Minggu membantah tuduhan serangan lintas batas Afghanistan, dan menyebutnya “tidak benar”. (althaf/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...