Berita Dunia Islam Terdepan

Kemiskinan di AS melonjak tinggi sejak 1960-an

3

AMERIKA SERIKAT (Arrahmah.com) – Kemiskinan di Amerika Serikat (AS) semakin meningkat hingga ke level tinggi dalam masa hampir setengah abad dan resesi negara itu telah melemparkan banyak warga AS jatuh ke jurang pengangguran.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Associated Press (AP), kemiskinan AS dapat mencapai jangka 46 tahun, dengan meningkatnya keluarga yang tinggal di pinggiran kota, para pekerja menjadi menganggur, dan anak-anak juga turut menderita, AP melaporkan pada hari Ahad (22/7/2012).

Sensus tersebut berdasarkan pada pendapat para ahli dari puluhan para ekonom dan akademisi di AS. Rincian angka kemiskinan diperkirakan akan diumumkan beberapa minggu ke depan menjelang pemilihan presiden baru AS pada bulan November.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa tingkat kemiskinan resmi bisa mencapai 15,7 persen pada 2011, yang menggambarkan kenaikan tajam sebesar 6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Saya enggan mengatakan bahwa kami telah kembali ke masa 1960-an,” kata Peter Edelman, direktur Georgetown Center on Poverty, Inequality, and Public Policy.

“Program yang kami buat menciptakan perbedaan besar. Masalahnya adalah bahwa gelombang pasang surut rendahnya gaji pekerjaan telah menyeret kami dan masalah gaji tidak akan pergi dalam waktu dekat,” tambahnya.

Perkiraan tersebut, yang diamati oleh para ahli, memberikan kontribusi pada sensus, menunjukkan bahwa sekitar 47 juta orang di AS, menjadi miskin tahun lalu. Level tertinggi pada catatan adalah 22,4 persen pada tahun 1969 ketika pemerintahan AS mulai menghitung angka kemiskinan.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa sejumlah warga Amerika yang bergantung pada kupon bantuan makanan jumlahnya terus meningkat. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...