Berita Dunia Islam Terdepan

Para pemuda Turki berusaha menyerang pasukan AS di Antalya, Turki

1

ANTALYA (Arrahmah.com) – Sekelompok pemuda dari Asosiasi Pemuda Turki (TGB) berusaha menyerang pasukan salib Amerika Serikat (AS) di kota Antalya, di mana USS Abraham Lincoln bercokol.

Sumber-sumber Turki mengatakan bahwa keberadaan militer AS berada dalam situasi siaga menyusul serangan terhadap beberapa tentara AS di selatan provinsi Antalya, dilansir World Tribune.

Pada hari Selasa (17/7/2012), sekelompok TGB menyerang tentara AS yang telah meninggalkan kapal induk AS itu dan memasuki kota untuk berbelanja.

Kelompok pemuda itu menyerang tentara AS itu dengan cacian lisan dan mencoba melemparkan tas-tas ke kepala para tentara salib itu, kemudian polisi lokal datang dan menangkap para pemuda itu.

Setelah penangkapan sejumlah anggota TGB, sekelompok pemuda TGB lainnya berkumpul di depan kantor polisi untuk memprotes penahanan kawan-kawan mereka. Tak lama kemudian, para pemuda itu dibebaskan.

Sementara itu, sejumlah anggota Partai Buruh Turki menggelar aksi protes di salah satu alun-alun di Antalya untuk memprotes keberadaan kapal perang AS di pelabuhan, mereka meneriakkan slogan-slogan anti-Amerika.

USS Abraham Lincoln tiba di dermaga pelabuhan Antalya pada hari Selasa, kapal itu akan tinggal di Turki hingga 22 Juli 2012, dengan awak kapal meliputi 5.000 marinir dan 80 pesawat tempur.

Menurut Pentagon, USS Abraham Lincoln meninggalkan aramda kelima di zona AOR (Area of Responsibility) dan melaju melalui Terusan Suez pada (16/7), dalam perjalanannya ke Amerika Serikat dan akan digantikan oleh USS Dwight Eisenhower. (siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...